Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Film Gerbang Neraka Punya Dua Judul

Kompas.com - 18/09/2017, 16:46 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Gerbang Neraka arahan sutradara Rizal Mantovani dulunya diketahui hanya berjudul Firegate.

Kini, jelang tayang pada 20 September 2017 mendatang setelah tak terdengar kabarnya selama setahun, film tersebut hadir dengan judul bahasa Indonesia.

"Sebenarnya inikan terjemahan dari Firegate. 'Fire' adalah api, neraka sinonimnya dengan api dan 'gate' adalah gerbang. Jadi bukan sesuatu yang gimana," kata Rizal saat berbincang dengan kompas.com di kantor Legacy Pictures di Gedung Inter Asia, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Salah satu bintang utama film tersebut, aktris Julie Estelle, menimpali bahwa alasan lain "Gerbang Neraka" sekarang menjadi judul utama, agar lebih mudah menyasar penonton Indonesia.

"Mungkin ingin supaya lebih simpel untuk penonton di Indonesia mengerti. Takutnya kalau Firegate 'apa sih Firegate?'. Gerbang Neraka lebih jelas. Tapi judul Firegate ini tetap akan digunakan untuk rilis di luar. Jadi sebenarnya bukan ganti judul, tapi diterjemahkan aja," kata Julie.

[Baca juga: Rizal mantovani: Gerbang Neraka Berbeda dari Film Horor Lainnya]

 

Rizal kembali menambahkan bahwa pemutaran film Gerbag Neraka di luar negeri masih sebatas rencana dan belum pasti kapan realisasinya.

Saat ini, ia dan produser masih fokus pada penayangan perdana di negeri sendiri yang sudah ditunggu-tunggu selama dua tahun.

"Itu tujuan produser, tapi kami masih konsentrasi ke sini aja. Jadi kami sangat concern terhadap penonton Indonesia. Kalau pun ada rencana untuk ke luar negeri itu masih nanti. Tanggal 20 September hari Rabu tayang, itu yang menjadi tujuan kami," ucap sutradara trilogi film horor Kuntilanak itu.

Gerbang Neraka dibintangi oleh aktor Reza Rahadian, Dwi Sasono, dan aktris Julie Estelle. Film bergenre petualangan-supernatural-horor ini mengambil latar belakang kisah misteri situs Gunung Padang di Jawa Barat. 

[Baca juga: Jadi Arkeolog di Gerbang Neraka, Julie Estelle Perbanyak Riset]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com