Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Mantovani Manfaatkan Teknologi CGI untuk Gerbang Neraka

Kompas.com - 22/08/2017, 14:07 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sutradara Rizal Mantovani hadir kembali dengan film terbaru. Kali ini, ia menyutradarai sebuah film bertema horror adventure berjudul Gerbang Neraka.

Film ini bercerita soal Tomo (Reza Rahadian), wartawan majalah misteri yang ditugaskan meliput Situs Gunung Padang.

Ia harus bekerja sama dengan paranormal bernama Guntur (Dwi Sasono) dan arkeolog bernama Arni (Julie Estelle) dalam memecahkan misteri situs tersebut.

Yang menarik, Gerbang Neraka memanfaatkan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) yang proses pengerjaannya memakan waktu sampai satu tahun.

“Iya, satu tahun sekian. Dan begini, sebagai catatan, walaupun post-production lama, CGI di sini hanya 30 persen. Jadi enggak full CGI,” ungkap Rizal ketika ditemui wartawan di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2017).

“Bagaimanapun dalam film Indonesia, CGI itu tetap sesuatu yang sifatnya mewah. Perlu orang, waktu, biaya. Akhirnya, oke untuk biaya segini, saya perlu waktu. Kalau biaya segini mungkin lebih cepat, tapi kalau segini perlu waktu untuk berkreasi,” imbuhnya.

[Baca juga: Rizal Mantovani Garap Film Soal Situs Gunung Padang di Cianjur]

Rizal menambahkan, Robert Ronny, selaku produser dan penulis skenario film ini sempat berujar bahwa banyak uang digelontorkan demi tekknologi CGI ini.

“Tapi sebenarnya tentu terbatas untuk film semacam ini sehinga yang membuat CGI pun juga tidak bisa mengerjakan ini semua. Ada pekerjaan lain, film beda lagi,” ujar Rizal.

[Baca juga: Jadi Arkeolog di Gerbang Neraka, Julie Estelle Perbanyak Riset]

“Jadi untuk industri ini masih agak sulit bikin film yang full CGI. Saya mending agak lama (pengerjaannya), tapi bagus pas keluar, daripada cepat tapi CGI kasar,” sambungnya.

Gerbang Neraka mulai tayang di gedung-gedung bioskop pada 20 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com