Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Band Ringgo 5: Media Sosial Membantu Band Indie

Kompas.com - 26/09/2017, 09:42 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Band Ringgo 5 mengatakan keberadaan media sosial membantu band-band indie untuk memperkenalkan karya ke publik.

Band Ringgo 5 digawangi oleh Nabil Pawaka (vokal), Rhein Michael (gitar), Rishad Marciano (gitar), Robert Matthew (bass), dan Gege Aditya (drum)

"Sekarang udah ada sosial media. Emang bisa dibilang gampang untuk band-band indie bisa langsung nge-boom," kata Nabil di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Senin (25/9/2017).

Sang gitaris, Rhein, menambahkan, setiap orang dengan bebas menyebarluaskan karya mereka melalui media sosial. Itu memudahkan band-band indie dikenal khalayak.

"Orang tuh bebas ngepost karyanya, mau rekaman di rumah, lewat ponsel tapi orang bisa enjoy udah bisa jadi musisi. Tinggal faktor luck-nya aja," ujar Rhein.

"Untuk band indie semua ini eranya udah masuk era musik yang kreatif sih, sekarang udah tinggal klik, klik, terus tekenal," timpal Robert.

[Baca juga: Dengan Pop Rock, Band Ringgo 5 Ramaikan Musik Indonesia ]

Bahkan, Nabil beranggapan, masuknya nama mereka menjadi nominasi Indonesian Choice Award 2017 untuk kategori Bbreakthrough artist of the Year, berkat sosial media.

Kendati masih asyik berkarier sebagai band indie, Ringgo 5 tidak menutup diri bila suatu saat ada label besar yang ingin menggandeng mereka.

"Kami pasti akan open untuk perusahaan lebel. Tapi emang sekarang lagi enjoy jalani indie aja. Karena kami masih kuliah juga jadi susah nyocokin jadwal," imbuh Rhein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com