3 Masalah yang Terjadi Sejak Lagu "Akad" dari Payung Teduh Dirilis - Kompas.com

3 Masalah yang Terjadi Sejak Lagu "Akad" dari Payung Teduh Dirilis

Kompas.com - 04/10/2017, 17:21 WIB
Payung Teduh usai tampil dalam Soundrenaline 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (10/9/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Payung Teduh usai tampil dalam Soundrenaline 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (10/9/2017).


JAKARTA, KOMPAS.com - Lagu Payung Teduh yang berjudul " Akad" tengah disukai para penggemar musik Tanah Air. Di YouTube, kafe, warung, di manapun, Akad diputar.

Namun, layaknya pepatah "makin tinggi pohon, makin kencang angin yang menerpa", lagu "Akad" milik Payung Teduh pun punya sejumlah masalah. Ini dia daftarnya.

1. Foto tanpa izin

YouTube Payung Teduh

Saat "Akad" lagi panas-panasnya, klip video lagu milik band Payung Teduh itu justru tersandung masalah hak cipta.

Masalahnya adalah, foto perempuan dalam video itu digunakan tanpa izin. Vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad alias Is, mengaku bahwa ia dan dan rekan-rekannya sudah meminta maaf kepada perempuan bernama Kaori Okado itu.

[Baca: Video Lagu Akad Tersandung Hak Cipta, Payung Teduh Minta Maaf]

"Kalau minta maaf pasti, tapi dia lebih menuntut untuk video itu di-take down dulu," kata Is dalam sesi wawancara di area Soundrenaline 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (10/9/2017) malam.

Tim produksi klip video "Akad", Seraya Creative Studio, juga telah melakukan permohonan maaf dan mengakui kesalahan mereka secara tertulis. Kini, sudah ada video Akad versi terbaru. Tapi, masih saja ada masalahnya.

2. Model video klip diolok-olok

YouTube Payung Teduh
Model video klip Akad versi baru, Triya Nisya, mengungkapkan bahwa ia sempat sedih lantaran diolok-olok oleh warganet.

Ternyata ia diolok-olok setelah foto dirinya dijadikan pengganti foto Kaori Okado dalam klip video tersebut.

[Baca: 5 Fakta di Balik Lagu Akad Milik Payung Teduh]

"Sempat sedih di beberapa hal karena sempat dibilang foto KTP lah. Ibunya kok jadi muda, jelek, enggak cocok atau apalah," kata Triya dihubungi Tribunnews, beberapa waktu lalu.

Namun, Triya tak ingin ambil pusing, sebab nyatanya banyak yang menantikan klip video "Akad" diunggah kembali.

3. Cover tanpa izin

Payung Teduh tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (20/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Payung Teduh tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (20/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Saking terkenalnya lagu "Akad", banyak orang-orang yang berusaha menyanyikan ulang "Akad" dengan versinya masing-masing. Namun, ternyata banyak yang melanggar batas hak cipta.

Pasalnya, sejumlah musisi yang memproduksi lagu tersebut lalu menjualnya tanpa seizin manajemen Payung Teduh.

Hal ini langsung disesalkan oleh Is selaku vokalis Payung Teduh yang mengunggah video lewat akun Instagram-nya.

[Baca: Lagu Akad Di-cover dan Dijual, Payung Teduh Keluarkan Peringatan]

"Sebenarnya saya berusaha nahan diri bersama teman-teman Payung Teduh dan manajemen untuk tidak membuat video sejenis ini," kata Is.

Is mengatakan bahwa ada orang-orang yang tak bertanggung jawab dengan menyanyikan lagu "Akad" tanpa seizin Payung Teduh. Sebenarnya sah-sah saja untuk menyanyikan ulang lagu Akad, asal jangan dikomersilkan karena dianggap sama saja dengan membajak.

"Tapi melihat betapa brutalnya aktivitas digital terhadap lagu 'Akad', terima kasih atas penyambutan, buat apresiasi kalian, tapi udah ada produksi, ada yang rekaman, ada yang jualan, di Spotify, iTunes, tanpa seizin kami," lanjutnya.

"Lalu perform di tv tanpa izin kami. Enggak apa-apa, cuma harus izin aja," tuturnya.

Akan tetapi, Is merasa bahwa pihak manajemennya harus bertindak tegas akan hal seperti ini.

"Biar kita tertibin aja, sih. Jadi, tolong dibantu, apresiasi kami biar lebih bijak, bagi yang sudah kadung berproduksi, tungguin kami, kami samperin, oke!" tutupnya.

EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM