Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prisia Nasution Menjadi Sosok Inspirasi di Film Wage

Kompas.com - 26/10/2017, 08:32 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Aktris Prisia Nasution (33) ikut menjadi salah satu pemeran dalam film biopic tentang Wage Rudolf Supratman yang bakal diluncurkan pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Nama Phia, sapaan akrabnya, memerankan perempuan yang menjadi inspirasi bagi pencipta lagu Indonesia Raya tersebut.

“Jadi sosok perempuan inspirasi dia (Wage) dalam mencetuskan lagu 'Indonesia Raya',” ujar Phia, saat berbincang dengan Kompascom di Semarang, Rabu (25/10/2017).

Bintang film Ronggeng Dukuh Paruk ini berperan sebagai seorang perempuan Betawi bernama Salamah. Sosok itu menginsipirasi WR Supratman menciptakan syair dan lagu tentang Indonesia.

Prisia mengatakan ada kesulitan untuk mencari referensi tentang sosok Salamah. Cerita tentang Salamah, kata Prisia, tidak muncul saat dicari di internet.

“Sosok Salamah ini antara ada dan tiada. Menurut informasi yang ada, Salamah ini keturunan priyayi dari Betawi, saya kemudian diskusi akhirnya ketemu karakter Salamah,” katanya.

Prisia masih merahasiakan bagaimana hubungan Wage dengan Salamah, apakah telah menikah atau tidak, begitu pula dengan kisah cinta mereka berdua.

“Wage ini jatuh cinta Salamah, tapi karena menyebut Indonesia, Wage ditangkap. Selengkapnya ditonton deh,” tambahnya.

[Baca juga : Nantikan Wage pada Hari Sumpah Pemuda 2017 ]

Pemeran di film Merah Putih Memanggil ini beradu akting dengan Rendra Bagus Pamungkas selaku Wage, Teuku Rifnu Wikana sebagai Fritz, Putri Ayudya.

Di Semarang, Prisia bersama Tjandra Wibowo atau yang dikenal Suciyati berbagi pemahaman tentang film pendek kepada 48 anak-anak SMA se-Jawa Tengah di Kota Semarang sebagai bagian dari kampanye program pencegahan terorisme.

[Baca juga : Cerita Prisia Nasution Ajak Artis Lain Kampanye Program Antiterorisme ]

Para anak pun diajari membuat film pendek, serta memunculkan ide-ide kreatif untuk membuat film-film tentang keberagaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com