Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NH Dini Dianugerahi Penghargaan Lifetime Achievement dari UWRF 2017

Kompas.com - 27/10/2017, 20:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Salah satu penulis senior sekaligus legenda hidup sastra Indonesia, NH Dini, menerima penghargaan Lifetime Achievement Award Ubud Writers & Readers Festival 2017 (UWRF).

Ia mendapatkan anugerah yang terakhir kali diberikan kepada mendiang Sitor Situmorang pada 2010 itu dalam malam Gala Opening UWRF di Puri Saren Ubud, Bali, Rabu (25/10/17) malam.

Penghargaan bergengsi tersebut adalah apresiasi dari UWRF bagi para tokoh sastra Indonesia yang telah berkiprah selama puluhan tahun dan sukses memajukan dunia sastra Indonesia.

"Saya sangat bahagia bisa mendapatkan penghargaan ini karena sebelumnya penerima penghargaan ini adalah almarhum Sitor Situmorang, seorang senior yang saya hormati," ujar NH Dini usai menerima trofi dari Janet DeNeefe, pendiri dan Direktur UWRF. 

"Saya telah berkiprah di dunia sastra selama puluhan tahun dan merasa sangat terhormat saya masih diingat hingga saat ini," sambungnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh kompas.com dari penyelenggara UWRF, Jumat (27/10/2017).

[Baca juga : Uang Plastik 10 Poundsterling Gambar Penulis Jane Austen Diedarkan ]

Saat akan menerima penghargaan, NH Dini tak sendiri. Ia naik ke panggung didampingi oleh puteranya, Pierre Coffin, sutradara dan animator film box office Despicable Me dan Minions, yang juga hadir dalam acara tersebut.

"Tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal NH Dini dan saya harap makin banyak juga pembaca internasional yang mengenal beliau dan tahu betapa luar biasanya penulis-penulis Indonesia," ucap Janet DeNeefe saat memberikan penghargaan.

NH Dini yang bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin telah melahirkan lebih dari 20 buku kumpulan cerpen, novel, maupun cerita kenangan selama puluhan tahun.

Beberapa karya yang terkenal, yakni Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975) atau Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), Hati yang Damai (1998).

Baca juga : Sutradara Despicable Me Akan Hadiri Ubud Writers & Readers Festival ]

Karena kebanyakan di antara novel-novelnya itu bercerita tentang wanita, NH Dini pun dipandang sebagai penulis feminis yang selalu memperjuangkan kesetaraan jender.

NH Dini pernah meraih penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand.

Sebagai informasi, Ubud Writers & Readers Festival 2017 merupakan salah satu perayaan sastra dan seni terbesar di Asia Tenggara. Tahun ini UWRF menghadirkan 160 lebih pembicara yang datang dari 30 lebih negara di seluruh dunia untuk berkumpul di pusat seni dan budaya Pulau Bali, Ubud.

[Baca juga : Tanggapi Tere Liye, Sri Mulyani akan Kumpulkan Para Penulis dan Pekerja Seni]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com