Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Project Pop Selipkan Lirik Bahasa Inggris di Tiap Lagunya

Kompas.com - 13/11/2017, 20:58 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mendengar lagu-lagu Project Pop, selalu ada sepenggal kalimat yang menggunakan bahasa Inggris.

Djoni Permato alias Udjo mengungkapkan alasan mengapa band yang berdiri sejak 1996 itu memakai lirik bahasa Inggris dalam setiap lagu rilisannya.

Menurut Udjo, Project Pop sejak awal ingin membuat pakem sendiri saat membuat sebuah lagu, yang belum pernah dibuat oleh kebanyakan musisi lainnya di Indonesia.

"Kami dari dulu, dari tahun 2000 memang menyisipkan rap ala Project Pop berbahasa Inggris. Dan kenyataannya, unsur (penggunaan lirik) bahasa Inggris saat ini sudah sesuatu hal yang lumrah di Indonesia," ujarnya di Miss Qi Bistro & Lounge, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Senin (13/11/2017).

[Baca juga : Kalahkan dengan Cinta Jawab Keresahan Project Pop]

Selipan kalimat berbahasa Inggris yang menjadi salah satu ciri Project Pop pun masih tetap terdengar dalam singel terbarunya, yang berjudul "Kalahkan dengan Cinta".

Udjo mengatakan, kalimat bahasa Inggris yang digunakan pun masih sederhana dan familiar di telinga penikmat musik Tanah Air. Sehingga, mudah didengar dan dinyanyikan.

Hal senada diungkapkan oleh Tika Pangebean, bahwa penggunaan lirik bahasa Inggris yang berpadu dengan bahasa Indonesia kini sudah hal yang lumrah.

"Kan anak sekarang juga sudah pada pinter bahasa Inggrisnya. Ada unsur kekinian, walaupun sudah kami lakukan dari 2000-an. Seru aja sih," ujarnya.

[Baca juga : Personel Project Pop Keteteran Setelah Oon Tak Ada]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com