Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza "The Groove": '90-an Tahun Emas Industri Musik Indonesia

Kompas.com - 24/11/2017, 18:13 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Vokalis grup musik The Groove, Reza Hernanza Desiawan mengatakan, tahun '90-an menjadi tahun emas bagi industri musik Indonesia.

"Tahun '90-an itu puncak zaman keemasan di musik industri. Di seluruh dunia musik berkembang, mentok-mentoknya di 90-an," kata Reza saat jumpa pers The 90's Festival di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2017).

Menurutnya, berkembangnya industri musik pada waktu itu, karena adanya peralihan sistem analog ke era digital.

"Tapi menurut saya kenapa tahun 90-an spesial? Karena musik dan industri zaman itu peralihan antara analog ke digital," ucap Reza.

"Itu puncak masa keemasan musik '90. Minimal yang saya lihat di dunia berkembang di '90. Udah mencoba rekaman analog ke live sampai ke digital," sambungnya.

[Baca juga : Reza The Groove: Musik Anak-anak Harus Variatif ]

The Groove yang terbentuk pada 1997 pun turut merasakan masa-masa keemasan itu. Hal itulah yang membuat Reza menganggap sebagai hal yang wajar, bila kini festival musik era '90-an kembali digelar.

"Entah dari sisi produksi atau hal lainnya. Menurut saya '90 is the best dari sekian zaman. 2000 itu udah zaman pencarian. Jadi wajar saja anak sekarang melirik zaman dulu," imbuhnya.

The Groove menjadi satu dari 22 penampil pada The 90's Featival yang akan digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (25/11/2017) esok.

[Baca juga : 20 Tahun Berkarya, The Groove Rilis Tuhan di Hati Kita]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com