Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasa Hukum Sebut Kasus Twitter Ahmad Dhani Tak Layak Dilanjutkan

Kompas.com - 30/11/2017, 15:32 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis kembali memberikan pernyataan terkait kasus kliennya Ahmad Dhani, yang diduga melakukan penyebaran ujaran kebencian.

"Yang pertama soal legal standing pelapor. Kami mempertanyakan apa kerugian hukum pelapor sehingga merasa berhak melaporkan kasus ini. Apakah dia merasa dicemarkan nama baiknya oleh Ahmad Dhani," tulis Ali Lubis dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (30/11/2017).

Selain itu, Ali juga menilai bahwa status dalam Twitter Ahmad Dhani itu tidaklah menyerang pihak manapun. Hal itu sesuai dengan soal pemenuhan unsur-unsur tindak pidana dalam pasal 28 ayat (2) junto pasal 45A ayat 2 UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Kami menilai tweet tersebut bersifat umum dan tidak tendensius. Kami mempertanyakan suku apa, agama apa, ras apa dan golongan apa yang merasa menjadi target ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ahmad Dhani," tulisnya lagi.

"Sehingga wajar kalau Ahmad Dhani menunjukkan ketidaksukaan kepada pendukung penista agama. Harus dibedakan antara ketidaksukaan yang wajar dan manusiawi, dengan kebencian ekstrem yang provokatif," lanjutnya.

[Baca juga : Tiba di Mapolsek Jakarta Selatan, Ahmad Dhani Hanya Senyum]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com