Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"What The F?!", Lahir dari Rasa Muak Bondan Prakoso

Kompas.com - 08/12/2017, 17:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga tahun sejak album keduanya rilis, Generasiku, penyanyi Bondan Prakoso akhirnya meluncurkan sebuah singel.

Lagu barunya itu ia beri judul "What The F?!" dan dirilis berbarengan dengan video klipnya di channel YouTube Bondan Prakoso hari ini, Jumat (8/12/2017).

Uniknya, singel yang dirilis di bawah naungan label indie, VOLD Record, melibatkan warganet untuk menentukan tanggal rilis lewat polling di media sosial.

"Saya melibatkan netizen untuk penentuan tanggal rilis melalui polling via Snapgram. Saya mau mereka ikut berperan dan menjadi bagian dari proses perjalanan lagu 'What The F?!'," kata Bondan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

"What The F?!" merupakan sebuah lagu berbahasa Inggris tentang rasa muak Bondan akan carut marutnya dunia yang ia anggap semakin penuh fitnah, kebohongan, dan kepalsuan.

Singel tersebut mencoba menangkap berbagai fenomena sosial yang terjadi belakangan ini. Namun di sisi lain, Bondan juga menyampaikan bahwa di tengah itu dukungan dari keluarga bisa memberi energi positif.

Baca juga : Fade2Black: Bondan Prakoso adalah Bagian dari Perjalanan Kami

"Kita harus berani jujur ke diri kita sendiri, juga kepada masyarakat, karena itulah esensi dari bermain musik, walaupun saya sadar akan ada banyak pertentangan dan gesekan di kemudian hari. But, yeaaah, It's good to be "me" again. I got my soul back!" kata Bondan.

Lagu "What The F?!" yang dibuat dan direkam dalam waktu sehari itu memiliki warna funk-rock yang kental.

Bondan juga menyelipkan permainan solo bass. Seakan mengembalikan Bondan ke akar musiknya pada masa kejayaan band-nya dulu, Funky Kopral.

Baca juga : Bondan Prakoso Kecantol Jalur Musik Indie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com