Guruh Soekarnoputra Dambakan Musik Indonesia Bisa Mendunia - Kompas.com

Guruh Soekarnoputra Dambakan Musik Indonesia Bisa Mendunia

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 14/01/2018, 12:07 WIB
Guruh Soekarnoputra di kediamannya di Hing Puri Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2018).Kompas.com/Tri Susanto Setiawan Guruh Soekarnoputra di kediamannya di Hing Puri Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer musik Guruh Soekarnoputra mendambakan industri musik Indonesia bisa disukai masyarakat internasional.

Keinginan itu tidak lepas dari penilaian Guruh tentang pesatnya perkembangan industri musik Korea Selatan yang mengusung K-pop. Menurut Guruh, bila Korea Selatan bisa, Indonesia pun seharusnya mampu.

"Cuma kita belum berhasil kan? Kapan ya kita bisa lebih mendunia? Contohnya Korsel (dengan) K-pop," ujar Guruh saati dijumpai di kediamannya di Hing Puri Fatmawati, Kebayoran Baru, Sabtu (13/1/2018) malam.

Guruh mengatakan bahwa pemerintah Korsel mempersiapkan konsep K-pop agar bisa berekspansi secara internasional sejak 1970-an.

"Memakan waktu 30 tahun untuk membentuk itu. Jadi, suatu karya budaya atau seni itu mesti direkayasa, harus punya konsep. Nah, Indonesia itu pemerintah sendiri menurut saya enggak jelas konsep kebudayannya," ujarnya.

Tak besar permintaan Guruh sebagai seniman kepada pemerintah Indonesia. Ia hanya ingin pemerintah untuk memperhatikan dan membuat konsep budaya secara serius. Menurut Guruh, Indonesia secara kualitas dan faktor pendukung lain tidak kalah dari Korea Selatan.

Baca juga : Guruh Soekarnoputra, Inspirasi Bermusik WSATCC

"Kalau saya pribadi. kita enggak kalah sama Korea, karena Korsel sendiri sangat terasa Amerika, bukan kebudayaan Korea-nya yang dimajukan." ujarnya.

"Di bidang musik itu kita maju dari segi industrinya tentu karena dari segi teknologi yang sedemikian maju. Kemudian dari segi sumber daya manusianya seperti senimannya, pemusik, penyanyi, dari operator yang bisa mengoperasikan komputer, itu sih maju," kata dia.

Baca juga : Di Balik Gemerlap Kehidupan Bintang K-pop

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM