Di Balik Gemerlap Kehidupan Bintang K-pop

Kompas.com - 21/12/2017, 06:23 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Selama beberapa dekade, para bintang K-pop menjadi impian para remaja Korea yang melihat kehidupan para idola yang glamor dan mewah.

Namun surat terakhir mendiang Jonghyun SHINee mengungkap sisi lain kehidupannya sebagai bintang K-pop. Di balik gemerlap kehidupannya, Jonghyun mengalami depresi berat.

Surat Jonghyun menggambarkan pergulatannya hidup di bawah sorotan publik. Segala sisi kehidupannya dipantau dan dinilai. Ada pujian setinggi langit, sebaliknya kritik tajam pun bisa dengan mudah datang.

Di balik senyum penuh percaya diri di panggung, banyak bintang K-pop, termasuk Jonghyung, pernah blak-blakan bicara tentang depresi dan tekanan yang mereka hadapi.

Dalam sebuah program televisi setempat, Jonghyun mengakui sulit baginya berbicara tentang perasaannya, kekhawatirannya dihakimi publik, dan bahwa dia tidak memiliki orang tempat bersandar.

Contoh lainnya, Choa, yang meninggalkan girl band AOA karena mengalami depresi dan insomnia berkepanjangan.

Atau Hani dari EXID yang berterus terang dalam sebuah acara televisi tentang keinginannya menjadi konselor kesehatan mental dengan harapan bisa membantu para trainee idola yang kerap mengalami stres berat.

Dua identitas

Leader boyband BTS, RM, bercerita tentang pengalamannya membaca komentar "jahat" dari netizen.

"Saya pernah memikirkan sebuah komentar jahat dari netizen dengan perasaan 'saya tidak suka orang ini' selama lima jam dan lima hari," kata pemuda 23 tahun itu.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.