Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arie Kriting Galang Dana untuk Bantu Korban Gizi Buruk di Asmat

Kompas.com - 22/01/2018, 19:42 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Arie Kriting menggalang dana untuk membantu para korban yang terjangkit wabah campak dan gizi buruk yang tengah melanda Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Penggalangan dana tersebut diinisiasi oleh pemilik nama lengkap Satriaddin Maharinga Djongki itu melalui situs Kitabisa.com.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Senin (22/1/2018), Arie berharap masyarakat bisa turut serta membantu penggalangan dana tersebut.

"Buat saya Papua lebih dari sekadar akar, melainkan rumah kedua dan tempat yang sangat dekat dengan saya," kata Arie.

"Ingin sekali ajak kaka dan nona semua bantu saudara kita di sana untuk bisa dapatkan gizi dan pengobatan yang lebih baik. Kita perlu bersatu dan menunjukkan bahwa kita bisa bersama dan saling membantu untuk keluarga terdekat kita, orang Papua," sambung Arie.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com pada laman terkait, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 59.793.337.

Baca juga : Arie Kriting Berbagi Ilmu Menjadi Konsultan Komedi

Ramai diberitakan sebelumnya bahwa sudah ada 61 anak meninggal dunia karena terkena wabah campak dan gizi buruk sejak September 2017 hingga saat ini.

Tim kesehatan dari Pemda setempat sudah diterjunkan ke 23 distrik (kecamatan) yang mencakup 224 kampung untuk mencegah penularan wabah campak yang lebih besar.

Sejak September 2017 hingga 11 Januari 2018, RSUD Asmat dilaporkan merawat ratusan pasien campak. Sebanyak 393 orang mejalani rawat jalan dan 175 orang rawat inap.

Penyakit campak juga ditemukan di beberapa tempat dan distrik di Kecamatan papua, seperti Suator, Distri Sawa Erma, Distrik Akat, dan Kota Agats. Sementara untuk gizi buruk juga ditemukan di Kota Agats, Kampung Yousakor, Distrik Sirets.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com