Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan, Fitri Carlina Habiskan 2,7 Ton Pisang

Kompas.com - 07/02/2018, 08:40 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Fitri Carlina mengaku menghabiskan 2,7 ton pisang untuk Banyuwangi Savana Cake, toko kuenya di Banyuwangi.

Ia membeli bahan baku kuenya itu dari para petani pisang di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

"Jadi bukan hanya sekedar kue biasa tapi bahan utamanya yaitu pisang kita beli langsung dari masyarakat Banyuwangi, per bulan rata-rata 2,7 ton. Jadi pemberdayaan juga. Ini kontribusi saya untuk Banyuwangi," kata penyanyi yang terkenal dengan lagu "ABG Tua" tersebut kepada Kompas.com, Selasa (6/2/2018)

Bukan hanya itu, kue berbahan dasar pisang tersebut, disajikan dengan topping mirip dengan destinasi wisata di Banyuwangi. Ada bentuk Pantai Pulau Merah, Teluk ijo, Wedi Ireng, dan Blue Fire Gunung Ijen.

Nama Savana, terinspirasi dari padang savana  di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran.

Adik penyanyi Nini Carlina itu menjalankan bisnis kue pisang itu sejak Agustus 2017 lalu.

"Kalau Pantai Pulau Merah, topping-nya merah. Kalau Teluk Ijo, topingnya warna hijau, Blue fire Gunung Ijen, toppingnya biru. Yang terbaru ada yang topping kuning dengan rasa durian yang kuat sekali," jelas Fitri.

Baca juga : Fitri Carlina Berbagi Bahagia dengan Anak-anak Taman Rimba

Perempuan yang dipilih menjadi Duta Pariwisata oleh Kementerian Pariwisata berharap Savana Cake bukan hanya sekedar bisnis tapi juga bisa mengajak masyarakat Banyuwangi untuk bernostalgia karena Banyuwangi sempat mendapat julukan kota pisang.

Baca juga : Video: Fitri Carlina Kesal Dikomentari Warganet soal Momongan

"Bahan utama kue ini adalah pisang. Jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena sama sekali tidak menghilangkan kekhasan dari Banyuwangi yang pernah dikenal dengan kota pisang. Alhamdulilah pelanggannya terus bertambah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com