Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eko Patrio: PASKI Beri Dukungan Moril untuk Keluarga Pelawak yang Ditahan di Hong Kong

Kompas.com - 09/02/2018, 23:58 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Eko Patrio mengatakan, bahwa anggota Persatuan Artis Komedian Indonesia (PASKI) akan berkunjung ke rumah keluarga pelawak yang menjalani proses hukum di Hong Kong.

"Nanti ada yang ke keluarganya. Nanti akan komunikasi dengan keluarganya, saling bagi tugas," ujar Eko kepada awak media di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).

Menurut Eko, kedatangan anggota PASKI yang diketui oleh Derry Sudarisman akan memberikan dukungan moril dan kemungkinan fasilitas berinteraksi dengan pelawak tersebut.

"Nanti kami coba agar keluarga bisa berkomunikasi lewat telepon atau bagaimana nantinya," kata dia.

[Baca juga : Eko Patrio: Seniman Tampil di Luar Negeri Jangan Mau Pakai Visa Turis]

Sementara itu, Konsul Jenderal (Konjen) RI di Hong Kong, Tri Tharyat, mengatakan bahwa ia sudah bertemu dengan kedua pelawak di ruang tahanan. Menurut Tri, keduanya dalam kondisi sehat dan baik.

"Mereka juga menuliskan surat kepada kepada keluarga dan akan kami teruskan kepada pihak keluarga," ujar Tri.

Saat ini proses persidangan kedua pelawak bernama Yudo Prasetyo alias Cak Yudo dan Deni Afriandi alias Cak Percil tersebut masih berlangsung. Sidang perdana telah dilangsungkan di Pengadilan Shatin kemarin, Selasa (6/2/2018).

Keduanya dijebloskan ke penjara oleh pemerintah Hong Kong, karena dianggap melanggar Undang Undang Imigrasi Hong Kong.

WNI tersebut menerima bayaran sebagai pengisi acara yang diselenggarakan oleh komunitas Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong.

Pihak otoritas Hong Kong menemukan bukti permulaan yang cukup, bahwa telah terjadi pelanggaran izin tinggal bagi penyelenggara acara dan penyalahgunaan visa turis bagi pengisi acara.

Sementara Ketua Panitia telah diinterogasi dan dilepaskan dengan kewajiban melapor ke Imigrasi Hong Kong secara berkala.

[Baca juga : Awalnya Eko Patrio Sudah Ragu 300 Persen kepada Vicky Prasetyo]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com