Mengenang Aktor Laga Legendaris Advent Bangun - Kompas.com

Mengenang Aktor Laga Legendaris Advent Bangun

Kompas.com - 10/02/2018, 11:55 WIB
 Aktor laga dan atlet karate Advent BangunDokumentasi KOMPAS/Anis Chan Aktor laga dan atlet karate Advent Bangun

JAKARTA, KOMPAS.com - Thomas Advent Perangin-angin Bangun lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara, 12 Oktober 1952. Dia dikenal sebagai aktor Indonesia yang acapkali berperan dalam film-film laga pada era 1980-an.

Namanya sejajar dengan aktor laga lainnya, yakni Barry Prima, George Rudy, Johan Saimima, dan Ratno Timoer.

Dilansir Wikipedia, Advent sejak kecil mendapatkan didikan keras. Bapaknya, MP Bangun, seorang jaksa sangat ketat menanamkan nilai-nilai disiplin dan kejujuran.

Pada 1971, Advent menjadi juara nasional karate dan selama 12 tahun berturut turut terus menjadi juara satu nasional tanpa ada yang mengalahkan sampai dia meninggalkan karier karatenya.

Setahun kemudian ia tampil di berbagai kejuaraan tingkat dunia hampir di seluruh Asia, Amerika, dan Eropa. Dunia karate pula yang mengantarnya menjadi artis film laga. Tak kurang dari 60 judul film pernah ia perankan.

Film pertamanya adalah Rajawali Sakti pada 1976, kemudian menjadi pemeran utama bersama aktris Enny Beatrice dalam film Satria Bambu Kuning (1985); Anita (1984); dan Dendam Jagoan (1986).

Film-filmnya sering disutradarai oleh Atok Suharto, Ratno Timoer, dan Sisworo Gautama yang sangat populer pada waktu itu.

Menjelang akhir hayatnya, Advent mendapatkan perawatan intensif karena penyakit diabetes. Penyakit itu kemudian menjalar ke organ tubuh lainnya sehingga Advent menderita komplikasi yang membuat dia harus menjalani cuci darah.

Baca juga : Aktor Laga Advent Bangun Meninggal Dunia 

Kabar duka pun menyelimuti panggung hiburan Tanah Air pada Sabtu (10/2/2018) pagi. Advent berpulang dalam usia 66 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan, pukul 02.35 WIB.

Baca juga : Advent Bangun Meninggal karena Diabetes dan Penyakit Komplikas

"Telah Berpulang Ke Rumah BAPA Di Surga, Bapak Pendeta Yohanes Thomas Advent Bangun pada Pukul 02.35 WIB, Hari Sabtu, 10 Febuari 2018 di HCU RSUP Fatmawati, Jakarta," demikian bunyi pesan yang diterima Kompas.com, Sabtu ini.

Kabar duka juga diungkapkan oleh paranormal Ki Kusumo melalui akun Twitter-nya, @kikusumo.

"Teman kita aktor senior advent bangun meninggal dunia semoga diampuni dosanya diterima amal ibadahnya dan dikuatkan keluarga yang ditinggalkannya. Aamin," tulis Ki Kusumo.

Jenazah Advent disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Kecapi, Jagakasa, Jakarta Selatan. Saat ini, pihak keluarga sedang memanjatkan doa-doa kepada mendiang Advent. Para pelayat pun mulai berdatangan ke rumah duka.

Rencananya jenazah Advent akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu (11/2/2018).

Baca juga : Jenazah Advent Bangun Akan Dimakamkan di TPU Kampung Kandang

"Akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang jam 3 sore," ujar Harun Tambun, keponakan Advent kepada Kompas.com di rumah duka di Jalan Kecapi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca juga : Sebelum Meninggal, Advent Bangun Mengabdikan Diri sebagai Pendeta


Komentar
Close Ads X