Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Meninggal, Advent Bangun Mengabdikan Diri sebagai Pendeta

Kompas.com - 10/02/2018, 11:20 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selepas menanggalkan dunia keartisan di industri hiburan, mendiang Advent Bangun mengabdikan diri sebagai seorang pendeta.

Hal itu diungkapkan oleh keponakan Advent, Harun Tambun, kepada Kompas.com di rumah duka yang berada di Jalan Kecapi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

“Sejak 2001 dia memutuskan untuk menjadi pendeta. Dia mengabdikan diri untuk kegiatan-kegiatan kerohanian,” ujar Harun.

Karena itu, Advent mengubah namanya menjadi Yohanes Thomas Advent Bangun. Advent bahkan, kata Harun, menjadi guest tour untuk jemaat yang ingin mengenal lebih dalam tentang ilmu agama. Guest tour itu atas permintaan jemaatnya di gereja.

[Baca juga : Aktor Laga Advent Bangun Meninggal Dunia ]

“Dia menjadi pendeta di gereja-gereja. Bahkan, banyak jemaat yang meminta dia menjadi guest tour ke Yerussalem. Sudah lama dan bolak-balik dengan rutinitasi itu,” kata Harun.

“Di Sumatera, Kalimantan, dia juga banyak diminta menjadi guest tour. Dia orangnya sangat merakyat sekali dengan banyak orang,” ujar Harun.

Advent meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan pada pukul 02.35 WIB. Ia meninggal di usia 66 tahun lantaran mengidap penyakit diabetes.

Advent merupakan aktor laga yang menghiasi film-film Tanah Air era 1980-an. Namanya besar bersama para pemain lain seperti Barry Prima, George Rudy, Johan Saimima dan Ratno Timoer.

Sejumlah film populer di eranya pernah dibintangi oleh Advent. Film-film itu adalah Si Buta Lawan Jaka Sembung, Komando Samber Nyawa, Carok, dan film-film lainnya.

[Baca juga : Advent Bangun Meninggal karena Diabetes dan Penyakit Komplikasi]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com