Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Advent Bangun Tidak Sadar Derita Diabetes Selama 10 Bulan Terakhir

Kompas.com - 10/02/2018, 12:23 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak keluarga mendiang Advent Bangung mengatakan, aktor film laga Rajawali Sakti itu tidak menyangka bahwa tubuhnya telah digerogoti penyakit diabetes dalam 10 bulan terakhir.

"Sudah 10 bulan terakhir. Ia enggak sadar sudah diabetes," ujar keponakan Advent, Harun Tambun, kepada Kompas.com di rumah duka Jalan Kecapi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya di usia 66 tahun pada Sabtu pagi tadi, Advent diketahui telah menjalani cuci darah lantaran diabetes yang dideritanya sudah menyerang ginjal dan menyebabkan penyakit komplikasi.

Baca juga : Aktor Laga Advent Bangun Meninggal Dunia

"Karena diabetes. Diabetes berdampak kepada komplikasi ginjal dan dia harus cuci darah," kata harun.

Untuk diketahui, setelah stroke dan jantung, ginjal adalah salah satu komplikasi yang paling sering dialami oleh penyandang diabetes melitus. Prevalensi kejadiannya bahkan mencapai 30 persen dan diabetes disebut sebagai penyebab cuci darah kedua tertinggi di Indonesia, setelah hipertensi.

Baca juga : Ada 5 Komplikasi Diabetes, Sudah Tahu Semua?

Ginjal berfungsi sebagai penyaring dalam tubuh, dan kadar gula yang tinggi secara menahun akan menganggu fungsi ginjal. Lama-kelamaan, ginjal akan perlu terapi pengganti dengan cuci darah yang harus dilakukan tiga kali seminggu atau transplantasi ginjal.

Baca juga : Mengenang Aktor Laga Legendaris Advent Bangun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com