Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengorbanan Komeng Selesaikan Skripsi di Usia 48

Kompas.com - 22/03/2018, 17:43 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bukan hal yang mudah mengerjakan skripsi di tengah kesibukan dan di saat usia tak muda lagi. Hal itulah yang dialami artis komedi Alfiansyah atau Komeng yang baru saja menyelesaikan pendidikan S1-nya.

Pada 17 Maret 2018 lalu, pelawak yang dikenal lewat jagon "uhuy" itu lulus ujian S1 dengan nilai A di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi, Jawa Barat.

Kepada Kompas.com, Komeng mengaku sengaja menghentikan sejenak aktivitasnya di dunia hiburan agar bisa fokus pada kuliah dan skripsinya.

"Mau enggak mau harus break dulu kerja, biar konsen kuliahnya. Biar fokus, kalau dua-duanya dikerjakan bisa juga, tapi enggak maksimal," tulis Komeng dalam pesan WhatsApp, Kamis (22/3/2018).

[Baca juga : Lulus Ujian Skripsi di Usia 48, Komeng Dapat Nilai A ]

"Banyak sih orang pada nanya: 'kok sekarang enggak masuk televisi lagi?' Saya bilang aja sambil bercanda: 'badannya udah gendut, jadi enggak muat masuk televisi' he-he-he," tambahnya.

Walaupun harus merelakan tawaran pekerjaan yang datang, Komeng mengaku menjalani kehidupannya sebagai mahasiswa tingkat akhir dengan suka cita.

"Enggak ada beratnya (berkuliah dan mengerjakan skripsi), karena enggak bawa besi dan enggak ada dukanya karena enggak ada yang sampai meninggal," tulis Komeng berkelakar.

Alhasil, pengerjaan skripsinya tak memakan waktu lama, hanya sekitar setahun. Ditambah lagi, Komeng yang mengambil jurusan manajemen itu mengambil tema tugas akhir yang tak jauh-jauh dari profesinya sebagai komedian.

"Kalau buat skripsi enggak bgitu lama, karena penelitiannya di likungan saya juga, yaitu tentang PaSKI (persatuan seniman komedi Indonesia). Kebetulan saya dipercayakan sebagai Ketua PaSKI Jabar," tulis Komeng.

[Baca juga : Komeng Termotivasi Selesaikan Skripsi karena Sebuah Janji ]

"Saya mengerjakannya harus denga suka cita, biar enggak ada beban. Udah ya, saya lagi jahit baju wisuda di toko beras... He-he-he," sambungnya dengan bercanda.

Sebelumnya, penulis dan jurnalis senior Maman Suherman mengabarkan tentang kelulusan Komeng itu melalui akun Twitter-nya, @maman1965.

"Alhamdulillah sahabatku, Bang Komeng, tadi ujian skripsi dan lulus dengan nilai A. Belajar terus tanpa kenal usia, adalah pembelajar seumur hidup," tulis pria yang akrab disapa Kang Maman itu, seperti yang dikutip oleh Kompas.com, Rabu (21/3/2018).

Panelis program Indonesia Lawak Klub (ILK) ini juga mengunggah foto skripsi Komeng yang berjudul "Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia Jawa Barat".

Pada foto selanjutnya terlihat Komeng dengan raut wajah serius mengenakan kemeja putih dan dasi hitam duduk di hadapan dua orang pria. Sementara lembar skripsi Komeng tergeletak di meja di depannya.

[Baca juga : Banyak Komedian Baru, Chika Jessica Setia kepada Komeng]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com