Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulis Nostalgia, Calvin Jeremy Belajar Mendengarkan

Kompas.com - 24/04/2018, 13:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan cuma kisah sedih di baliknya yang menjadikan "Nostalgia" menarik, tetapi juga menurut sang peciptanya Calvin Jeremy, lagu itu membuatnya belajar hal baru.

"Saya belajar mendengarkan, memahami dari perspektif orang lain," kata Calvin saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Senin (23/4/2018).

Bagaimana tidak, Calvin mencoba keluar daro zona nyamannya ketika membuat lagu "Nostalgia". Ia yang selama ini mencipta lagu dari pengalaman pribadinya, untuk kali pertama menulis lagu dari kisah orang lain.

"Nostalgia" terinspirasi dari hubungan asmara sepupu Calvin yang kandas karena perbedaan keyakinan.

"Pengalaman itu mengajarkan aku pada saat misalnya lagunya tentang diri sendiri, egonya lebih kuat, 'ini tentang gue, ini gue yang ngerti'," ujar Calvin.

"Tapi pada saat membawakan lagu tentang orang lain, mengajarkan aku pola pikir dengan perspektif yang lebih luas. Oh dia ngalamin kayak gini," sambungnya.

Baca juga : Kisah Sedih di Balik Lagu Nostalgia Calvin Jeremy

Ketika membawakan lagu "Nostalgia, Calvin merasa seperti sedang mendongeng kepada pendengarnya tentang sebuah hidup seseorang.

"Pada saat bernyanyi enggak semata-mata oh ini tentang gue nih. Tapi lebihke storytelling bahwa ada kejadian seperti ini. Suatu pengalaman baru untuk menceritakan pengalaman orang lain dan aku cukup enjoy sih. Aku bisa rasa emosi dia, perasaan dia, aku bisa berandai-andai," kata Calvin.

Baca juga : Calvin Jeremy Terinspirasi Kisah Cinta Sepupunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com