Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhoma Irama Berbagi Resep Menjaga Kesehatan

Kompas.com - 26/04/2018, 15:27 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja dangdut Rhoma Irama mempunyai resep cara tetap sehat dan bugar di usia 71 tahun.

"Resepnya dengan berzikir kepada Allah," ujar Rhoma saat menghadiri jumpa pers peluncuran program acara Indonesia di Pelataran Ramayana, Hotel Kempenski, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

Rhoma menjelaskan dengan berzikir, hati akan menjadi tenang dan pikiran menjadi jernih. Pria kelahiran Tasikmalaya pada 11 Desember 1946 mengaku selalu berzikir setiap harinya.

"Akan terhindar dari gangguan psikomatik. Dengan banyak ibadah hati kita akan merasa tenang dan sehat," ucap pentolan grup musik Soneta itu.

Sebagai informasi, psikosomatik merupakan gangguan psikis dan emosional yang melibatkan pikiran dan tubuh, sehingga menyebabkan gangguan fisik.

Baca juga : Rhoma Irama Bakal Manggung Lagi di Synchronize Fest 2018

Karier musik pemilik nama lengkap Raden Irama itu dimulai pada 1970-an. Saat itu, Rhoma membentuk grup musik Soneta pada 13 Oktober 1973 yang mengusung aliran dangdut. Bersama Soneta, Rhoma sudah merilis puluhan album.

Bahkan, nama Rhoma juga berkibar di industri perfilman Tanah Air. Lebih dari 20 judul film dibintangi oleh suami Ricca Rachim tersebut.

Baca juga : Synchronize Fest 2018 Hadirkan Nasida Ria dan Rhoma Irama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com