Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di Amerika Serikat, Iqbaal Ramadhan Harus Cuci Baju Sendiri

Kompas.com - 26/05/2018, 19:51 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (18) mengaku harus mencuci bajunya sendiri selama bersekolah di Amerika Serikat.

"Di Amerika kan jauh dari orangtua, cuci baju sendiri, ngapa-ngapain sendiri," ujar Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Iqbaal bersyukur akhirnya bisa belajar mandiri selama di negeri Paman Sam. Meskipun, ia kerap merasa galau karena jenuh dan jauh dari keluarga.

"Ya, mau di mana sekolah pasti ada jenuhnya. Gimana caranya menyemangati diri sendiri harus ada ability-nya," kata Iqbaal.

Baca juga: Sekolah Jadi Prioritas, Iqbaal Ramadhan Menolak Homeschooling

Jika dirinya mulai merasa jenuh, personel CJR itu kembali mengingat bagaimana susahnya mengikuti seleksi sekolah tersebut.

Sebagai informasi, Iqbaal bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat, dengan mendapatkan beasiswa.

UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

"Gue tuh ngotot pengin ke sana. Pas lagi malas, gimana punya ability melihat tujuan awal ketika gua apply. Penantian enam bulan seleksi, jadi gue harus mengembalikan perasaan pada waktu seleksi. Gue juga harus membanggakan orangtua," ujar dia.

"Gue juga ingat ada quote di Instagram Raisa. 'Ketika kamu bermalas-malasan, kamu sedang mengkhianati diri sendiri'. Orangtua gue kasih kepercayaan. Ketika dikasih kepercayaan, ya kita buktiin dong. Bunda tuh susah dan berat banget sebenarnya ngelepas gue ke luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Merasa Punya Kedekatan Karakter dengan Minke Bumi Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com