Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lagu Untukmu" Lahir dari Rasa Sedih Raisa

Kompas.com - 31/05/2018, 22:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kisah menarik di balik singel terbaru milik Raisa berjudul "Lagu Untukmu". Istri aktor Hamish Daud itu mengungkap, lagu teranyarnya itu berawal dari perasaan rindu dan sedih.

"Lagu ini sangat sederhana tentang kerinduan seorang anak pada ibu," kata Raisa dalam konferensi pers di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Pelantun "Terjebak Nostalgia" ini bercerita, suatu hari ia pulang ke rumah orangtuanya setelah berbulan-bulan. Namun, ketika itu Raisa hanya mendapati ayah dan kakaknya di rumah.

Sang ibunda tak terlihat karena sedang pulang ke Bandung, Jawa Barat. Alhasil, Raisa tak bisa bertemu ibunya.

"Aku kangen. Akhirnya video call, kangen-kangenan kemudian aku pulang dan di tengah jalan kok merasa sedih ya," ucap Raisa.

Baca juga: Raisa Rindu Masak Bareng Ibunda

Tiba-tiba ia terpikir untuk menulis sebuah lagu sebagai ungkapan rasa rindunya pada sang ibu. Raisa kemudian menuju rumah rekannya musisi Ifa Fachir untuk mewujudkna keinginan mendadaknya itu.

Sebelumnya, Raisa pernab bekerja sama dengan Ifa untuk lagu yang berjudul "Jatuh Hati" dan "LDR". 

"Idenya udah di ujung kepala dan satu orang yang paling sreg dan ngerti aku ya Ifa. Makanya kalau sudah ada ide aku ke Ifa. Kami nonton YouTube, cari inspirasi, tuker-tuker referensi. Nulis lagunya paling satu setengah jamlah," kata Raisa.

Ia mengatakan bahwa meski sederhana, singel "Lagu Untukmu" itu memiliki satu keunikan. Sebab, bukan tentang anak kecil yang kangen pada ibunya.

"Yang membuat lagu ini berbeda adalah karena lagu ini spesifik tentang rindu ibu dari anak yang sudah dewasa, yang pengkn ketemu tapi tidak bisa. Layernya agak berbeda dari kangennya anak-anak kecil sama ibunya," ucap Raisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com