Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pesan Terselip dalam Film Kulari Ke Pantai untuk Anak Indonesia

Kompas.com - 26/06/2018, 21:33 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kulari Ke Pantai karya Riri Riza dan Mira Lesmana punya banyak pesan moral positif bagi anak-anak, terutama dalam menumbuhkan kasih sayang, toleransi dan menghargai sesama.

Film ini juga memupuk dan membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda lewat kekayaan alam Indonesia.

"Dua orang yang berbeda karakter stuck di perjalanan menempuh 1.000 kilometer lebih. Harus bertoleransi satu sama lain padahal mereka berbeda. Itu yang jadi menarik," kata Mira Lesmana di Rumah Indofood, Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (24/6/2018).

"Kenapa perjalanan darat? Karena kalau ada dalam satu mobil, mau enggak mau, komunikasi dan kompromi akan terjadi. And it's fun karena akan melakukan perhentian-perhentian di beberapa lokasi," lanjutnya.

Film ini memberi edukasi penting bagi anak-anak, khususnya di era digital saat ini yang serba menggunakan teknologi dan gawai. Kulari ke Pantai mengajak anak-anak untuk mengenal dan menyayangi kekayaaan alam Indonesia, juga menghargai bahasa Indonesia.

Baca juga: Maisha Kanna Jatuh Bangun dari Papan Selancar demi Kulari ke Pantai

"Film Kulari ke Pantai dapat membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda dalam menamai alam, menghargai Bahasa Indonesia, mengajarkan toleransi serta meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri," kata Head of Consumer Engagement Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Firman Authar. 

Sementara itu menurut Riri Riza, melalui film ini ia berharap dapat membangkitkan keinginan anak-anak untuk traveling dan mengenal alam.

"Film ini juga memperlihatkan betapa kayanya keindahan alam dan budaya Indonesia. Kita tidak boleh berhenti untuk memperkenalkan keragaman kepada anak-anak Indonesia," demikian Riri Riza.

Film Kulari ke Pantai bercerita tentang pengalaman Sam (Maisha Kanna), Happy (Lil'li Latisha) dan Uci (Marsha Timothy) yang tergabung dalam sebuah perjalanan sejauh 1000 km menuju G Land demi mempertemukan Sam dengan peselancar favoritnya, Kailani Johnson.

Di perjalanan, ketiganya harus menemui beberapa konflik termasuk ketidakcocokan antara Sam dan Happy. Film anak ini akan tayang pada 28 Juni 2018 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com