Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iis Dahlia dan Kontroversi Komentar Pedasnya kepada Peserta Audisi KDI

Kompas.com - 21/07/2018, 09:21 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pedangdut Iis Dahlia menjadi sasaran kecaman keras dalam warganet dalam dua hari terakhir.

Akun media sosialnya dibanjiri kecaman dan protes atas sikapnya dalam sebuah audisi ajang pencarian bakat penyanyi dangdut.

Berikut ini Kompas.com merangkum peristiwa yang menimbulkan kontroversi tersebut.

1. Peserta audisi tampil polos

Peristiwa ini bermula dari sebuah video proses audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 yang beredar. Video itu menunjukkan seorang peserta bernama Waode Sofia asal Baubau, Sulawesi Tenggara, masuk ke ruang audisi.

Sofia tampil sederhana. Ia mengenakan kaus abu-abu serta jaket dan celana jins. Rambutnya yang panjang dikuncir ekor kuda. Wajahnya pun polos tanpa riasan. Remaja itu berdiri di hadapan tiga juri, yakni Benigno, Iis Dahlia, dan Trie Utami.

Ketika Sofia baru saja memperkenalkan diri, Iis langsung mengomentari penampilannya. Ia menilai Sofia tidak mempersiapkan diri dengan baik.

"Kamu ketemu teman-teman kamu enggak tadi di luar? Mereka kayak gimana mau audisi? Pakai bedak enggak? Pakai lipstik enggak? Pakai baju yang benar enggak?" Iis mencecar Sofia, seperti dikutip Kompas.com dari kanal KDI MNCTV di YouTube, Kamis (19/7/2018).

Waode beralasan bahwa baju yang sudah ia persiapkan ketinggalan di kampung halamannya. Benigno dan Trie Utami lantas meminta Waode untuk mencari pinjaman pakaian dan berdandan sebelum kembali lagi.

2. Banjir hujatan

Setelah cuplikan komentar Iis kepada Waode tersebar di sosial media, akun Instagram ibu dua anak itu langsung dibanjiri hujatan dari warganet. Mereka meluapkannya pada kolom komentar kanal KDI di YouTube dan akun Instagram Iis Dahlia.

"Mba kalau misalkan orang dari kampung jauh. Dan *maaf* gak punya duit gimana? Apakah penyanyi itu harus berduit? Ini namanya bukan juri berkelas. Coba aja suruh nyanyi dulu baru bilang baik baik kalau nanti penampilannya di improve lagi," tulis pemilik akun @danya.ayu pada salah satu posting Iis Dahlia di Instagram.

"Settingan ya setinga tp ini bikin kesannya dangdut tu jual diri bukan jual kualitas suara," kata akun @febi_romadhon.

"Sombong banget juri kdi, jdi males liatnya sumpah kasian anak yg mau audisi di gitukan pasti sedih rasanya," tulis akun @dinata_m.

"Mandang fisik sama pakaian? Itu kontes nyanyi bukan fashion cuy, lihat negara lain mandang fisik gk??? Jangan lihat luarnya kalau belom tau dalemnya," akun @muhmmd.indra berkomentar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com