Iis Dahlia dan Kontroversi Komentar Pedasnya kepada Peserta Audisi KDI

Kompas.com - 21/07/2018, 09:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pedangdut Iis Dahlia menjadi sasaran kecaman keras dalam warganet dalam dua hari terakhir.

Akun media sosialnya dibanjiri kecaman dan protes atas sikapnya dalam sebuah audisi ajang pencarian bakat penyanyi dangdut.

Berikut ini Kompas.com merangkum peristiwa yang menimbulkan kontroversi tersebut.

1. Peserta audisi tampil polos

Peristiwa ini bermula dari sebuah video proses audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 yang beredar. Video itu menunjukkan seorang peserta bernama Waode Sofia asal Baubau, Sulawesi Tenggara, masuk ke ruang audisi.

Sofia tampil sederhana. Ia mengenakan kaus abu-abu serta jaket dan celana jins. Rambutnya yang panjang dikuncir ekor kuda. Wajahnya pun polos tanpa riasan. Remaja itu berdiri di hadapan tiga juri, yakni Benigno, Iis Dahlia, dan Trie Utami.

Ketika Sofia baru saja memperkenalkan diri, Iis langsung mengomentari penampilannya. Ia menilai Sofia tidak mempersiapkan diri dengan baik.

"Kamu ketemu teman-teman kamu enggak tadi di luar? Mereka kayak gimana mau audisi? Pakai bedak enggak? Pakai lipstik enggak? Pakai baju yang benar enggak?" Iis mencecar Sofia, seperti dikutip Kompas.com dari kanal KDI MNCTV di YouTube, Kamis (19/7/2018).

Waode beralasan bahwa baju yang sudah ia persiapkan ketinggalan di kampung halamannya. Benigno dan Trie Utami lantas meminta Waode untuk mencari pinjaman pakaian dan berdandan sebelum kembali lagi.

2. Banjir hujatan

Setelah cuplikan komentar Iis kepada Waode tersebar di sosial media, akun Instagram ibu dua anak itu langsung dibanjiri hujatan dari warganet. Mereka meluapkannya pada kolom komentar kanal KDI di YouTube dan akun Instagram Iis Dahlia.

"Mba kalau misalkan orang dari kampung jauh. Dan *maaf* gak punya duit gimana? Apakah penyanyi itu harus berduit? Ini namanya bukan juri berkelas. Coba aja suruh nyanyi dulu baru bilang baik baik kalau nanti penampilannya di improve lagi," tulis pemilik akun @danya.ayu pada salah satu posting Iis Dahlia di Instagram.

"Settingan ya setinga tp ini bikin kesannya dangdut tu jual diri bukan jual kualitas suara," kata akun @febi_romadhon.

"Sombong banget juri kdi, jdi males liatnya sumpah kasian anak yg mau audisi di gitukan pasti sedih rasanya," tulis akun @dinata_m.

"Mandang fisik sama pakaian? Itu kontes nyanyi bukan fashion cuy, lihat negara lain mandang fisik gk??? Jangan lihat luarnya kalau belom tau dalemnya," akun @muhmmd.indra berkomentar.

Posting berupa foto Iis dengan dua anaknya itu sudah mendapat lebih dari 27.000 komentar hanya dalam waktu 2 jam.

Baca juga: Komentari Penampilan Peserta, Iis Dahlia Dihujat Warganet

3. Reaksi santai Iis Dahlia

Iis Dahlia menanggapi berbagai hujatan itu dengan nada santai. Ia bahkan mengunggah foto-fotonya bersama suami dan anak-anaknya sedang berada di Singapura.

Pada keterangan foto, ia berbicara tentang hujatan yang dialamatkan kepadanya sekaligus mempromosikan ajang pencarian bakat tersebut.

"Maaf org yg anda BULLY sedang santai...ttp nonton Audisi @kdiofficial setiap jm 21.00 dan pas sudah terpilih pesertanya di jm 20.00 sampai mendptkan Sang Juara nanti yaaa Deuhh pasti gw makin kena bully dehhh Alemonggggg semoga ttp diberi kesabaran," tulis Iis pada keterangan foto seperti dikutip Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

Baca juga: Iis Dahlia: Maaf, Orang yang Anda Buli Sedang Santai

4. Jawaban Iis Dahlia

Ketika dihubungi melalui telepon, Kamis, Iis Dahlia menjelaskan alasannya melontarkan kritik pedas soal penampilan Waode Sofia.

Menurut Iis, ia ingin mengajarkan Sofia untuk menghargai dirinya sendiri dengan memperhatikan penampilan.

"Karena dia harus menghargai dirinya dia, menghargai hal yang dia punya niat gitu. Kalau dia punya niat, dia akan prepare karena teman-teman yang lain prepare, kenapa dia enggak," katanya.

Baca juga: Iis Dahlia Jelaskan soal Komentar Pedasnya kepada Peserta Audisi

5. Iis Dahlia sudah kebal

Dihubungi pada kesempatan terpisah, Jumat (20/7/2018), Iis mengatakan kritik, kecaman, bahkan hujatan bukan hal baru baginya, terutama setelah ia menjadi juri ajang pencarian bakat enam tahun terakhir ini.

"Aku sih udah kebal, udah jadi juri 6 tahun, nah ini belum apa-apa. Nanti kalau ada anak yang saya keluarin adalah saya mau disantet, mau dibunuh dijalan itu udah biasa," kata Iis saat dihubungi awak media, Jumat (20/7/2018).

Pelantun tembang "Payung Hitam" itu mengatakan tak mau membuang-buang waktu meladeni komentar warganet di akun sosial medianya.

"Kalau mau diladenin capek bok. Kalau komen udah buat fitnah, kalau gue punya waktu ya, tapi wasting time, buang-buang waktu bolak balik ke polisi," ucap Iis.

Baca juga: 6 Tahun Jadi Juri, Iis Dahlia Mengaku Sudah Kebal Hujatan

6. KDI beri jawaban

Programming dan Acquisition MNCTV, Endah Hari Utari, menjelaskan bahwa video yang menyebar itu bukanlah video utuh sehingga menyebabkan timbulnya penilaian negatif terkait komentar Iis kepada Waode.

"Karena kami ingin mereka memang bertanggung jawab melakukan, kalau dilihat secara konteksnya itu kan bukan video menyeluruh. Itu kan dipotong dan menjadikan itu ramai," kata Endah saat ditemui di acara Welcoming Kontestan KDI di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (20/8/2018).

Untuk itu Endah menambahkan, bahwa jika video audisi tersebut tidak dipotong dan ditonton secara menyeluruh, maka akan terlihat bahwa komentar juri bertujuan baik.

"Jadi kesimpulan kami adalah teman-teman harus melihatnya secara utuh dan kontekstual. Karena tujuannya sama sekali enggak jelek," ungkapnya.

Meski demikian, Endah dan tim tetap melakukan evaluasi di setiap babak. Kejadian ini pun menjadi salah satu bagian yang dievaluasi.

"Kalau evaluasi setiap stages kita lakukan evaluasi. Artinya setiap hari kita melakukan perbaikan di semua area. Ini juga termasuk yang dibahas," ucapnya.

Baca juga: Pihak KDI Tak Akan Mencari Orang yang Memotong Video Komentar Iis Dahlia

7. Video utuh

Pada video utuh yang diunggah di kanal KDI MNCTV di YouTube, Waode Sofia kemudian diajak keluar ruangan oleh pembawa acara Joel Kriwil dan Evi Masamba. Sekilas tampak Sofia mengusap pipinya, seperti menghapus air mata.

Setelah itu diperlihatkan bagaimana Evi membantu Waode Sofia mengubah penampilannya. Ia mencarikan remaja itu gaun bagus lalu merias wajahnya.

Setelah itu, Sofia kembali ke ruang audisi dengan penampilan sangat berbeda. Ia mengenakan gaun hitam berhias payet mengilat. Rambutnya disanggul dan wajahnya pun dirias.

Dengan penampilan itu, Sofia baru mendapat kesempatan menampilkan suaranya yang indah.

Baca juga: Ini Kata Pihak KDI soal Komentar Pedas Iis Dahlia pada Peserta Audisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.