Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iis Dahlia: Saya Tak Hanya Kasih Kritik, tetapi Juga Solusi

Kompas.com - 21/07/2018, 21:52 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Iis Dahlia (46) buka suara tentang video audisi yang viral saat ia memberi kritik pedas bagi peserta dari Baubau, Sulawesi Tenggara, Waode Sofia.

Iis mengatakan video yang viral itu hanyalah cuplikan atau teaser dari sebuah audisi.

"Sekarang gini, sebenarnya hal yang biasa ketika orang membuat teaser atau cuplikan iklan,"  Iis saat ditemui di acara Mom and Kids Awards 2018 di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (21/7/2018).

"Makanya jangan suka berkomentar melihat cuplikan, satu cuplikan video gitu. Nonton dulu acaranya sampe kelar, pahami dulu baru berkomentar," lanjut Iis.

Menurut Iis, orang bisa mendapat kesan berbeda jika hanya menonton sepenggal video audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018.

"Kalau cuman lihat cuplikan video 'kamu keluar '..  udin (sudah) gitu doang gitu kan. Dia enggak ngelihat dulu ke belakangnya mau seperti apa," ujarnya.

Bagi pelantun "Cinta Apalah Apalah" ini pada video audisi Waode dalam versi full, terlihat bagaimana Iis dan juri yang lain tak hanya memberi krikit melainkan juga solusi.

"Sekarang begini kalau dibilang itu ajang nyanyi iya, tapi kalau yang lain prepare kenapa dia enggak? Tapi kan kita bukan cuman gitu doang. Kita memberikan solusi. 'Kamu keluar dulu, kamu dandan nanti dikasih dandanan dirapihin baru kamu masuk lagi'," ungkap Iis.

Iis menilai ketika masuk lagi ke ruang audisi, Waode Sofia terlihat lebih percaya diri, berbeda dengan sebelumnya.

"Dia masuk dengan kepercayaan diri, beda dong pada saat dia cuman gitu doang, kesian," imbuhnya.

Sebelumnya penyanyi dangdut Iis Dahlia mendapat hujatan di akun Instagram miliknya @isdadahlia. Hal ini terjadi setelah ia mengomentari penampilan peserta KDI (Kontes Dangdut Indonesia) 2018 asal Bau Bau, Sulawesi Tenggara yakni Waode Sofia.

Awalnya, Waode baru saja mengenalkan namanya. Namun Iis langsung mengomentari penampilannya. Menurutnya Waode dinilai kurang maksimal dalam mempersiapkan penampilannya.

"Kamu ketemu teman-teman kamu enggak tadi di luar? Mereka kayak gimana mau audisi? Pakai bedak enggak? Pakai lipstik enggak? Pakai baju yang benar enggak?," ucap Iis dalam video yang dikutip Kompas.com dari akun Facebook milik Sudarko, Kamis (19/7/2018).

Sofia beralasan bahwa baju yang sudah ia persiapkan ketinggalan di kampung halamannya. Benigno dan Trie Utami lantas meminta Waode untuk mencari pinjaman pakaian dan berdandan sebelum kembali lagi.

Pada video utuh yang diunggah di kanal KDI MNCTV di YouTube, Waode Sofia kemudian diajak keluar ruangan oleh pembawa acara Joel Kriwil dan Evi Masamba. Sekilas tampak Sofia mengusap pipinya, seperti menghapus air mata.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com