Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Inneke dari Dijemput KPK hingga Batal "Meet and Greet"

Kompas.com - 23/07/2018, 11:09 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba muncul kabar artis peran Inneke Koesherawati diamankan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Sabtu (21/7/2018) dini hari.

Padahal yang publik tahu suami Inneke, Fahmi Darmawansyah, yang punya "hubungan" dengan lembaga antirasuah itu. Fahmi menjadi narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, karena kasus dugaan suap pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Sampai akhirnya KPK mengonfirmasi bahwa benar Inneke juga ikut diamankan setelah sang suami terkena operasi tangkap tangan di Lapas Sukamiskin karena diduga menyuap Kalapas, Wahid Husen.

Baca juga: Cerita Inneke Koesherawati Temani Suami Buka Puasa di Lapas

Selama berjam-jam, penyidik KPK memeriksa Inneke sebagai saksi berkait kasus tersebut. Berikut beberapa fakta Inneke diamankan KPK:

1. Dijemput di rumah

Inneke Koesherawati usai diperiksa KPK, Sabtu (21/7/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Inneke Koesherawati usai diperiksa KPK, Sabtu (21/7/2018).
Meski sang suami ditangkap di lapas Sukamiskin, Inneke tak berada di sana saat itu. Ia baru dijemput oleh penyidik KPK di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa saat setelah OTT.

"Sekitar pukul 00.30 WIB, KPK menuju kediaman IK, istri dari FD, di daerah Menteng. IK diamankan sekitar pukul 01.00 WIB," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu malam.

Ibu dua anak ini kemudian dibawa ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut sebagai saksi.

Baca juga: Diamankan dalam OTT Kalapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Berstatus Saksi

2. Pulang sambil menangis

Artis Inneke Koesherawati meninggalkan ruangan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Artis Inneke Koesherawati meninggalkan ruangan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.
Sekitar pukul 21.00, Inneke keluar dari Gedung KPK. Mengenakan kerudung abu-abu, terlihat pucat dengan mata sembab. Perempuan kelahiran 13 Desember 1975 Itu bersikap acuh ketika awak media melontarkan pertanyaan seputar pemeriksaannya dan penangkapan suaminya.

"Sudah ya, sudah ya," kata Inneke menghindar.

Dengan mata yang berkaca-kaca, ia terus berjalan ke mobil Toyota Alphard B 15 TW yang sudah menunggunya di halaman Gedung KPK.

Baca juga: Selesai Diperiksa, Inneke Koesherawati Tinggalkan KPK Sambil Menangis

3. Batal meet and greet

Artis peran Inneke Koesherawati saat diabadikan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).Dian Reinis Kumampung / KOMPAS.com Artis peran Inneke Koesherawati saat diabadikan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).
Keesokan harinya, Inneke tak terlihat dalam acara meet and greet dan book signing bukunya yang berjudul Hi Darl di Supermal Karawaci, Tangerang, Minggu (22/7/2018).

Berdasarkan jadwal acara, ia seharusnya berbincang-bincang tentang buku tersebut bersama sahabatnya Marini Zumarnis pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Namun, sampai acara selesai, Inneke sama sekali tak terlihat di panggung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com