Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Comic Con International 2018 Lebih Beragam

Kompas.com - 24/07/2018, 17:33 WIB
Ati Kamil

Editor

SAN DIEGO, KOMPAS.com -- Comic Con International 2018 diselenggarakan di kota San Diego, California, AS, pada 18-22 Juli 2018 waktu setempat.

Perhelatan ini mencakup beragam pameran multimedia, termasuk komik, film, dan animasi. Dhania Iman dari Voice Of America (VOA) Indonesia, meliputnya.

Para pecinta komik dari berbagai belahan dunia memadati acara tahunan tersebut, yang merupakan pameran komik terbesar yang mengangkat budaya pop dunia, dengan beragam hiburan, termasuk film, seri televisi, video game, pameran mainan dan action figure, diskusi, serta temu muka dengan para pelaku industri komik dan film dunia.

"Saya sangat senang bisa berada di sini dan banyak yang bisa dinikmati. Pamerannya sangat besar," kata aktor Jason Liles, yang ikut main dalam film Rampage.

Baca juga: Trailer Shazam! Bakal Diputar Perdana di San Diego Comic-Con

Comic Con tahun ini merupakan yang ke-27 yang diselenggarakan di San Diego Convention Center. Namun, secara keseluruhan, dengan yang tahun ini, Comic Con sudah diadakan 48 kali.

Tidak hanya ikut menikmati pameran di dalam gedung, warga AS Jeanie, juga semangat untuk melihat pameran di luar gedung.

"Banyak sekali acaranya dan saya tidak sabar untuk melihat yang ada di luar, ingin mengikuti panel diskusi, dan saya juga menjadi sukarelawan di acara ini," ujarnya.

Baca juga: Poster Film Venom Muncul di Comic Con Experience

Kali pertama diselenggarakan pada 1970, Comic Con berhasil menarik perhatian kira-kira 300 orang.

Dalam beberapa tahun terakhir, tiket masuk untuk acara yang berlangsung selama empat hari ini berhasil terjual habis dengan jumlah kira-kira 130 ribu lembar.

Untuk berhak membeli tiket masuk seharga 600-900 ribu rupiah per lembar per harinya itu juga tidak mudah.

Setiap orang harus mendaftarkan diri untuk mengikuti undian gratis secara online melalui situs web resmi Comic Con. Yang beruntung baru  mendapat kesempatan untuk membeli tiket.

Baca juga: Ranger Hijau Akan Mampir ke Indonesia Comic Con Akhir Oktober 2017

Contohnya, setelah tiga kali gagal, akhirnya Imam Wibowo, warga negara Indonesia, bisa membelinya.

"Kalau ngomong soal Comic Con itu, buat teman-teman yang penggemar atau into banget dengan pop culture, terutama mungkin dalam bentuk komik, atau pun bentuk karya-karya seni sepeti komik atau bentuk-bentuk superhero, ini adalah satu tempat yang wajib kita datangi. Karena, ini adalah pusat di mana entertainment, terutama pop culture,  berkumpul, dan jadi bucket list," cerita Imam, yang mengenakan kostum Superman, ketika ditemui oleh VOA.

Baca juga: Penggemar DC & Marvel Antusias Ikut Comic-Con

Dulunya Comic Con berfokus pada pameran komik favorit dan film yang bertema fiksi ilmiah saja.

Namun, kini, Comic Con International 2018 menghadirkan pameran multimedia yang banyak mengambil tema dari film serta seri televisi terkenal, antara lain Jack Ryan, Teenage Mutant Ninja Turtle, South Park, Aquaman, dan Star Wars.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com