Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sineas Kawakan Terlibat, Bukti Film Horor Indonesia Makin Berkualitas?

Kompas.com - 03/08/2018, 13:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film bergenre horor semakin menunjukkan taringnya di industri perfilman Indonesia. Artis atau sineas kawakan Tanah Air yang belum pernah bersentuhan dengan horor pun, satu per satu mulai tertarik.

Aktris Putri Ayudya menilai itu sebagai bukti bahwa horor Indonesia semakin berkualitas.

"Sebenernya jangan-jangan itu membuktikan kualitas (film) horor kita sudah berkembang. Makanya pasti ada alasannya pemain senior yang enggak pernah ngambil horor tiba-tiba ngambil horor," kata Putri di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis (2/8/2018).

Sepengetahuannya, ada beberapa aktor dan aktris yang sangat selektif memilih film. Mereka biasanya baru mau terlibat jika ceritanya menarik. Kadang pula melihat siapa penulis naskahnya atau sutradaranya.

Baca juga: Main Film Horor, Sujiwo Tejo Merasa Terbantu dengan Wajah Seramnya

"Melihat mereka turun ke situ (film horor), justru membuat aku sih membuka pandangan baru bahwa horor saat ini memang punya pendekatan yang bisa dibilang berbeda dari horor kita dulu," kata Putri.

Ia mengatakan, film horor sebenarnya setara dengan genre lainnya. Namun, menurut Putri, ada masa-masa di mana film horor Indonesia dibuat asal-asalan hingga dibalut dengan tema dewasa dan merusak citra horor.

"Tapi sekarang udah enggak. Karena pergeseran ini juga aku merasa masyarakat pun jadi educated dengan itu. Kayak aku yang dulu judgemental banget sama horor ha ha ha," ujar Putri. 

Baca juga: Putri Ayudya Dikubur Hidup-hidup Selama Satu Setengah Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com