Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser Film Sultan Agung Berharap Bekas Set Shooting Tetap Berguna bagi Masyarakat

Kompas.com - 13/08/2018, 12:32 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta, yang disutradari oleh Hanung Bramantyo, akan mulai diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada 23 Agustus 2018.

Sesudah pembuatan film tersebut selesai, pihak rumah prosuksinya, Mooryati Soedibyo Cinema, pada 15 juli 2018 secara resmi menghibahkan set bangunan tiruan yang digunakan  dalam shooting film itu kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Pihak rumah produksi tersebut ingin bekas set shooting film itu bisa berguna bagi masyarakat luas dan desa bersangkutan.

Dalam acara itu Presiden RI Joko Widodo hadir.

Baca juga: Hanung Bramantyo Gambarkan Perjuangan dan Pengorbanan Sultan Agung

Set bangunan tiruan tersebut didirikan pada 2017 di Studio Alam Gamplong, Desa Gamplong, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Set itu mencakup tiruan bangunan-bangunan Pendopo Keraton Mataram, Songgo Mataram, Benteng VOC, Jembatan Ungkit, Kampung Mataram, dan Kampung Pecinan.

Baca juga: Ario Bayu Perankan Sultan Agung

"Jadi, kami ingin masyarakat Indonesia bisa melihat salah satu bentuk menghargai sejarah dan kekayaan warisan bangsa," ucap Mooryati Soedibyo, ketika hadir dalam acara pemutaran perdana film itu, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/8/2018) malam.

"Serta membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Gampong," tambahnya.

Baca juga: Ario Bayu Belajar Sejarah lewat Film Lawas

Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta berkisah tentang sosok dan kehidupan pahlawan nasional Sultan Agung, yang memimpin Kerajaan Mataram pada 1613-1645, termasuk mengenai perjuangan dan pengorbanannya.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo itu dibintangi oleh Ario Bayu (Sultan Agung), Anindya Kusuma Putri, Adinia Wirasti, Marthino Lio, dan Putri Marino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com