Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riuh Sunyi: 2 Jiwa 1 Karya untuk "Tersembunyi Rahasia"

Kompas.com - 16/08/2018, 20:29 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 10 tahun berkarya bersama di balik layar sebagai produser dan penata musik, pasangan musisi Daniel Samarkand dan Fia membentuk band bernama Riuh Sunyi yang bergenre alternative iIndie rock. Single pertama Riuh Sunyi berjudul "Tersembunyi Rahasia".

Fia, sebelumnya bermusik sebagai singer-songwriter dan gitaris, telah merilis 1 album solo, 3 singel, serta 1 album bersama grup duo-nya Pop The Disco. Selain itu, ia juga banyak menciptakan lagu untuk penyanyi-penyanyi dan band di Tanah Air.

"Riuh Sunyi merupakan sisi lain saya dalam bermusik. Saya mencintai segala jenis musik dan intensitas musik seperti Riuh Sunyi adalah salah satu yang saya kagumi sejak awal mengenal musik, alternative," ujar Fia.

Sementara, Daniel Samarkand lebih banyak berperan di balik layar sebagai produser musik, penata rekaman dan suara. Bersama Aroel Stereomantic dan Is, ia membidani lahirnya lagu hits yang fenomenal, "Akad" dari Payung Teduh.

Baca juga: Cari Vokalis Baru, Payung Teduh Tak Ingin Gelar Audisi

 

Selain itu ia juga banyak terlibat dalam pembuatan jingle & music scoring untuk iklan. Sebelum bekerja di balik layar, pada tahun 2009 Daniel Samarkand pernah merilis satu album bersama bandnya, Quad.

Lagu "Tersembunyi Rahasia" dibuka dengan dentuman drum penuh energi dari Sevry yang bersahutan dengan gitar petikan Daniel dan bass Dodit yang berbalut crunch sound. Selanjutnya Fia dengan lugas melantunkan lirik-lirik penuh metafora diiringi suara synth di belakangnya.

Kombinasi unik ritme penuh semangat dengan lirik yang maknanya "tersembunyi" adalah daya tarik dari Riuh Sunyi. 

Dalam proses rekaman lagu ini, Daniel dan Fia yang sekaligus berperan sebagai produser dan penata musik melibatkan Dodit (bass) dan Sevry (drum). Daniel juga mengisi gitar elektrik dan synth. Proses rekaman memakan waktu lima shift. Proses mixing dan mastering selesai pada awal Mei 2018.

Lirik lagu "Tersembunyi Rahasia" bertutur tentang seseorang yang mampu melihat dan mendengar rahasia-rahasia besar dunia, yang hanya segelintir orang mengetahuinya.

Semoga lagu "Tersembunyi Rahasia" menggetarkan energi yang mengantar teman-teman penikmat musik masuk ke dalam pengalaman musikal yang esoteris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com