Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Iis Dahlia, Devano Danendra, Buktikan Lagunya Tak Menjiplak

Kompas.com - 23/09/2018, 18:04 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra Iis Dahlia, Devano Danendra, menegaskan bahwa masalah dugaan penjiplakan lagu yang menyeret namanya sudah selesai.

Sebelumnya, penyanyi folk asal Bandung, Fiersa Besari, menduga singel milik Devano yang berjudul "Ini Aku" memiliki kemiripan nada dengan hitnya, "April" (2013), pada bagian refrain.

"Alhamdulillah sih masalah udah kelar ya dan juga sudah terjelaskan bahwa ini lagu bukan jiplak," kata Devano di sela peluncuran singelnya di Pisa Cafe Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Menurut dia, setelah terjadi dialog langsung antara pencipta lagu "Ini Aku", Pika Iskandar, dengan Fiersa, ditemukan bahwa memang ada kemiripan antara dua lagu itu. Namun, hanya dalam tiga bar. 

Sedangkan sejumlah musisi dan pengamat musik berpendapat bahwa sebuah lagu baru bisa dikatakan meniru atau menjiplak lagu lain apabila memiliki kesamaan hingga 8 bar.

Bar merupakan frase musik dalam lagu. Satu bar umumnya memiliki empat beat atau ketukan.

"Karena kalau pasalnya itu dinyatakan plagiat itu delapan bar, tapi ternyata di lagu "Ini Aku" ini cuma tiga bar yang sama," ujar Devano.

"Ternyata juga sudah klarifikasi juga penciptanya sendiri ketemu sama Mas Fiersa kemarin, menjelaskan bahwa memang benar terinspirasi dari lagunya Mas Fiersa, tapi semua udah kelar udah baik-baik aja," tambahnya.

Ibundanya, Iis Dahlia, yang duduk di samping Devano menambahkan bahwa sangat sulit untuk menghindari kesamaan nada antarlagu.

"Memang sih banyak banget lagu yang mirip karena ada jutaan atau miliaran mungkin lagu di dunia. Not kan cuma do re mi fa sol la si do. Cuma tujuh. Jadi memang akan balik-balik ke situ," ucap Iis.

"Tapi memang ini miripnya tiga bar. Tapi udah dijelaskan dan para pencipta sendiri dua-duanya udah saling ketemu dan enggak bermasalah," imbuhnya.

Baca juga: Baru Dirilis, Singel Putra Iis Dahlia Diduga Jiplak Lagu Fiersa Bersari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com