Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idap Kanker, Mendiang Rudy Wowor Pernah Terapi Ganja di Belanda

Kompas.com - 05/10/2018, 16:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com -- Setelah mendapat vonis mengidap kanker prostat beberapa tahun lalu, aktor senior Rudolf Canesius Soemolang Wowor atau dikenal dengan nama Rudy Wowor pernah mencoba terapi ganja di Belanda.

Hal itu diungkapkan oleh sahabatnya, aktor senior Roy Karyadi, di Perumahan Pesona Kahyangan Blok DC, Depok, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018) siang.

"Sebenarnya stadiumnya udah telat. Waktu itu dia cerita sama saya didiagnosa (kanker), terus dibawa ke luar negeri," kata Roy.

"Dia sempat alhamdulillah bisa ke Belanda karena di sini dilarang, di sana kan ada ganja. Itu terapinya ya, bukan gunain," tambahnya.

Baca juga: Rudy Wowor Meninggal Dunia karena Kanker Prostat

Terapi ganja ia lakukan karena beberapa penelitian menemukan bahwa zat psikoaktif dalam ganja tetrahidrocannabinol (THC) mampu membunuh sel kanker.

Selain itu, THC juga disebut-sebut bisa mengurangi kemampuan penyebaran sel kanker. Namun, pengolahannya harus secara medis.

Menurut pemain film Tjoet Nja' Dhien (1986) ini, terlihat perkembangan positif pada Rudy ketika itu. Kesehatan sahabatnya tersebut berangsur membaik.

"Itu waktu itu agak lumayan ya pas di Belanda, dia bisa jalan, bisa naik pesawat, dia jadi ada semangat baru lagi," ujar Roy.

Namun, kondisi yang baik itu tak bertahan lama. Roy mengatakan, kesehatan Rudy menurun lagi setelah ia tak menjalani terapi tersebut.

"Terus pas balik ke Indonesia, kondisi menurun lagi. Tapi dia enggak bilang kapan pengobatan di Belanda nya," ucap Roy.

Baca juga: Tunggu Anak dari Irlandia, Jenazah Rudy Wowor Dimakamkan Besok Pagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com