Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iqbaal Ramadhan: Bagaimana Menggambarkan Saya dalam Musik? Ya Svmmerdose

Kompas.com - 17/10/2018, 09:02 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Iqbaal Ramadhan dulu dikenal sebagai salahs atu personel boyband CJR. Kini minatnya beralih ke format grup band dengan Svmmerdose. Tak lagi bernyanyi, Iqbaal lebih memilih menjadi basis.

Ditemui di Menara Imperium, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2018), Iqbaal memantapkan keseriusannya bersama band-nya Svmmerdose.

"How to describe Iqbaal in a band? Ia Svmmerdose," kata pemain film Dilan 1990 itu.

Ia mengatakan, sekarang ingin dikenal sebagai Iqbaal seorang basis dari band Svmmerdose. Karena selain itu, ia tak memiliki proyek musik lain.

"Gue kalau di musik, Svmmerdose doang sih. Jadi enggak ada exposure lain selain Svmmerdose," ucal remaja kelahiran 28 Desember 1999 itu.

Jika pun beberapa waktu lalu dia tampil di beberapa panggung festival tanpa Svmmerdose, Iqbaal memastikan itu karena ada ajakan kolaborasi secara pribadi. Namun, tak berarti ia punya proyek musik tetap dengan musisi lain.

"Sebenarnya kalau sama Svmmerdose udah dari kemarin-kemarin. Kalau yang kayak di WTF, itu kayak lebih ke temen. Terus sama Bun Glenn (Glenn Fredly), kebetulan manajer kami manajerin Bung Glenn juga," ujar Iqbaal.

"Jadi ada kayak sentimental value juga di situ. Enggak sekadar manggung diiyain. Jadi secara musik, gue udah enggak sendiri, kalau ngomongin musik ya gue sama Svmmerdose," tambahnya.

Baca juga: Svmmerdose, Band Iqbaal Ramadhan, Jadi Pembuka Konser Charlie Puth

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com