Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTS Mendapat Medali Kehormatan Bidang Kebudayaan dari Pemerintah

Kompas.com - 24/10/2018, 20:10 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Yonhap

KOMPAS.com - Boyband K-pop BTS dianugerahi medali kehormatan bidang kebudayaan dari pemerintah Korea Selatan, Rabu (24/10/2018).

Mereka dinilai memberi kontribusi besar dalam mempromosikan budaya Korea ke seluruh dunia.

Medali kehormatan itu diserahkan oleh Menteri Kebudayaan Do Jonghwan dalam sebuah acara yang digelar di Olympic Hall, Seoul.

Para member BTS menyatakan bahwa mereka merasa terhormat mendapat anugerah medali tersebut. Mereka berjanji mempromosikan budaya Korea lebih luas lagi.

"Kami ingin mempersembahkan penghargaan ini kepada semua ARMY," kata leader BTS, RM, saat memberi sambutan.

Sementara itu Jin mengatakan ia merasa bahagia saat mendengar para fans dari seluruh dunia ikut menyanyikan lirik bahasa Korea dari lagu-lagu BTS dan mereka juga belajar bahasa Korea.

"Saya akan berusaha menyebarkan budaya Korea ke seluruh dunia," ujar Suga.

Banyak ARMY, sebutan bagi penggemar BTS, yang menghadiri acara resmi tersebut. Mereka mengangkat light stick BTS atau yang disebut Army bomb dan bersorak-sorai setiap kali nama BTS disebut atau layar di panggung menampilkan gambar sang idola.

Tahun ini pemerintah Korsel menganugerahkan penghargaan kebudayaan kepada 36 artis atau grup.

"Anda adalah artis besar karena kalian mempengaruhi kehidupan orang," kata Menteri Kebudayaan Do Jonghwan saat memberi sambutan.

"Budaya pop Korea telah memberi kejutan yang baru dan segar bagi orang di seluruh dunia. Sebagai konten budaya baru, K-pop dan K-drama telah mengubah kehidupan sehari-hari dan telah menjadi gelombang Hallyu yang baru.

BTS baru menyelesaikan tur dunia Love Yourself untuk kawasan Amerika Utara dan Eropa yang dimulai pada awal September. Mereka baru tiba kembali di Korea pada Rabu (24/10/2018) pagi.

Baca juga: Aksi Lucu Jimin, J-Hope, dan V Saat BTS Tiba di Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yonhap

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com