Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Latar Animasi Timun Mas, Petra Sihombing Bekerjasama dengan Tulus

Kompas.com - 08/11/2018, 21:57 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerjasama dengan penyanyi Tulus, Petra Sihombing diminta untuk mengisi latar dari bimas Timun Mas yang ada di Sejauh Mata Memandang Pameran Timus Mas di Senayan City, Jakarta Pusat mulai 8 November 2018 hingga 8 Januari 2019.

"Jadi di project Sejauh Mata Memandang Timun Mas, saya bantu bikin musik sama komposisinya," ujar Petra saat ditemui Kamis (8/11/2018).

"Baru. Saya juga baru masuk ke dunia scoring juga sih, baru mulai meng-compose musik untuk motion graphic atau gambar yang bergerak," imbuh Petra.

Lantaran mengisi musik latar dari animasi yang mengangkat cerita rakyat, Petra harus memahami kisah Timun Mas lebih dalam lagi.

Baca juga: Cerita Petra Sihombing Pernah Coba Satu Bulan Hidup Tanpa Ponsel

"Ini pertama kali projek yang menceritakan cerita tradisional. Aku juga enggak begitu familiar sama cerita Timun Mas. Pernah dengar tapi enggak begitu tahu ceritanya," ungkap Petra.

"Terus pas bikin musiknya jadi harus cari tahu lebih dan karena harus mengkarakterisasi setiap karakternya dari segi musik jadi harus tahu cerita lebih dalam," imbuhnya.

Bagi Petra, mengisi lagu latar membuat dia haru menyocokkan tema dengan karakter yang ada.

"Aku lebih ngikut ke gambarnya dan aku mencoba nyocokin tema-temanya dengan karakter-karakter di sini. Ada Timun Mas, ibunya, buto ijo. Aku mencoba untuk mengkarakterisasi setiap katakternya yang beda-beda. Paling aku membuat tema besar di awal dan di akhir dari film kecil ini," kata Petra.

Sementara bentuk kerjasamanya dengan Tulus, Petra hanya mengkomunimasikannya lewat online.

"Jadi kita kerjanya gitu, bareng. Terus aku ngerjain sendiri. Kalau ada ide, kita by online aja," papar Petra.

Selain Petra dan Tulus, dalam animasi Timun Mas ini terlibat pula Dian Sastrowardoyo sebagai pengisi narasi.

Animasi pendek ini dapat disaksikan dalam rangkaian seni instalasi Timun Mas di Sejauh Mata Memandang, Senayan City, Jakarta Pusat sejak 8 November 2018 hingga 8 Januari 2019.

Baca juga: Petra Sihombing Bersiap Cuti dari Pekerjaan demi Sang Istri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com