Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senandung Sendu Guns N' Roses dengan November Rain

Kompas.com - 09/11/2018, 08:01 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lagu "November Rain" menjadi salah satu lagu yang paling ditunggu para penonton dari konser "Not In This Lifetime" Guns N' Roses yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

Lagu tersebut menjadi lagu ke-19 yang dibawakan oleh band yang berdiri sejak tahun 1984 tersebut.

November Rain dibawakan setelah Guns N' Roses memainkan lagu milik Pink Floyd berjudul "Wish You Were Here".

"When I look into your eyes, I can see a love restrained, but darlin' when I hold you, don't you know I feel the same," Axl Rose menyanyi sambil memainkan grand piano yang menjadi ciri khasnya saat membawakan lagu "November Rain".

Para penonton pun serentak mengikuti bait demi bait lirik lagu yang sendu tersebut.

Axl Rose  yang sejak awal konser selalu mengenakan kaus, khusus di lagu "November Rain", ia mengenakan jaket kulit berwarna merah dan putih, seolah menyiratkan dinginnya kisah cinta yang berakhir tragis di bulan November.

Video klip lagu ini juga tak kalah bagus. Bisa dibilang lebih dramatis dari cerita di lirik lagunya.

Video klip tersebut diperankan sendiri oleh Axl Rose bersama kekasihnya saat itu, Stephanie Seymour yang seorang supermodel. Hubungan mereka kandas yang dikabarkan karena tak disetujui orang tua Stephanie.

Lagu "November Rain" merupakan salah satu lagu terpanjang Guns N' Roses dengan durasi 8 menit 39 detik selain "Coma" (10 menit 13 detik), dan "Estranged" (9 menit 23). Pada awalnya durasi lagu ini jauh lebih panjang, yakni selama 18 menit yang akhirnya dipangkas.

"November Rain" masuk dalam album Use Your Illusion I yang dirilis pada tahun 1991.

Pada tahun 1992, MTV menempatkan "November Rain" pada urutan pertama dari 100 video top tahun itu. Posisi tersebut bertahan lama sampai beberapa tahun.

Video klip ini juga mendapatkan gelar "Best Video Clip" pada tahun 1992 dari majalah Metal Edge berdasarkan pilihan pembaca.

Baca juga: Dengan Sweet Child O Mine, Guns N Roses Getarkan Gelora Bung Karno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com