Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Digital Bikin NAFF Makin Terpacu Buat Lagu Baru

Kompas.com - 14/11/2018, 12:41 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital yang semakin berkembang pesat membuat segala sesuatu menjadi mudah, termasuk dalam menciptakan sebuah lagu.

Lewat berbagai aplikasi dan media sosial, proses mencipta dan pendistribusian lagu kini tak lagi hanya melalui dapur rekaman.

Dengan segala kemudahan tersebut, kini banyak bermunculan grup musik dengan berbagai genre dan lagu yang semakin beragam.

Melihat fenomena tersebut, grup musik asal Bandung, NAFF mengaku tak khawatir, era digital justru membuat mereka semakin terpacu untuk membuat lagu yang mampu mencuri perhatian banyak orang.

Baca juga: NAFF: Lagu-lagu Kita Memengaruhi Hidup Orang

"Karena internet itu sudah enggak bisa kita filter, mau enggak mau kita ikut dalam persaingan tersebut, jadi ada motivasi kuat untuk terus berkarya," ucap pemain bas NAFF, Odeu, usai NAFF tampil dalam acara Selebrasi (Selebritas Beraksi) di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Bagi Odeu dan kawan-kawan, semakin banyaknya grup musik baru dengan genre yang tak lazim adalah hal yang biasa dari sebuah kemajuan zaman. Mereka merasa hal tersebut adalah sebuah tantangan yang harus segera mereka jawab dengan karya-karya terbaru.

"Makanya kita tak menutup mata atas musik-musik baru, gaya musik kita juga kan ada perubahan, itu sebagai jawaban dari tantangan yang ada. Tapi, yang pasti ciri khas NAFF tetap terjaga yakni liriknya, musik boleh berubah, tapi karakternya jangan," ucap Arda, selaku vokalis NAFF saat ditemui di lokasi yang sama.

Grup band yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini sendiri saat ini sedang dalam proses perampungan mini album mereka yang rencananya akan dirilis pada tahun depan. Namun mereka tak merinci apa judul dari mini album tersebut.

"Iya lagi proses, tinggal sentuhan terakhir saja nih, kita sih penginnya full album, tapi mini album saja dulu, tahun depan insya Allah (dirilis)," ucap Odeu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com