Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Legendaris Bernardo Bertolucci Meninggal Dunia

Kompas.com - 26/11/2018, 20:31 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bernardo Bertolucci, sutradara dan penulis skenario senior Italia peraih Oscar, meninggal dunia di Roma pada Senin (26/11/2018).

Bertolucci yang dikenal lewat film Last Tango in Paris dan The Last Emperor itu mengembuskan napas terakhir dalam usia 77 tahun.

Juru bicaranya menyebut bahwa Bertolucci meninggal karena kanker.

Bertolucci mengarahkan film pertamanya berjudul La Commare Secca, tentang misteri pembunuhan seorang pekerja seks komersial, pada usia 22 tahun.

Pada 1987, Bertolucci menyutradarai film epik The Last Emperor, sebuah film biografis tentang kehidupan Aisin-Gioro Puyi, Kaisar terakhir Cina.

Film tersebut kemudian membawa Bertolucci memenangi sembilam piala Oscar dalam Academy Awards ke-60. Kemenangan itu untuk kategori best picture, director, adapted screenplay, cinematography, film editing, costume design, art direction-set decoration dan original score.

Sementara lewat film Last Tango in Paris, Bertolucci menimbulkan kontroversi dan menyebabkan perdebatan. Sementara kritikus menyebutnya pornografi.

Film yang dibintangi Marlon Brando, Maria Schneider, dan Jean-Pierre Leaud ini bercerita tentang seorang janda yang memulai hubungan seksual dengan seorang wanita muda Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com