Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuansa Musik Perjanjian dengan Iblis Berbeda dengan Film Horor Umumnya

Kompas.com - 17/12/2018, 22:22 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposer musik untuk film Perjanjian dengan Iblis, Aghi Narottama, mengatakan bahwa scoring film horor garapan sutradara Ardy Octaviand yang ia tangani akan berbeda dari yang lainnya.

Hal ini, kata Aghi, disebabkan oleh musik latar yang tak langsung membangun suasana menyeramkan seperti film horor pada umumnya.

"Kalau biasanya nuansa musiknya langsung menyeramkan, tapi kalau ini enggak, ada suasana (musik) bahagianya dulu," ucap Aghi saat bertandang ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Baca juga: Artika Sari Devi Jatuh Cinta kepada Rengganis

Menurut pria yang juga bermain sebagai Bara dalam film ini, tak ada kesan horor di awal cerita Perjanjian dengan Iblis, melainkan suasana keluarga dan nuansa 90-an yang menjadi latar film tersebut.

"Mungkin penonton enggak akan nyangka dan langsung merasakan jump scare, suasana kebahagiaan liburan sebuah keluarga di pulau gitu, baru setelah itu perlahan-lahan atmosfer horornya kebangun dari musik yang saya garap," ungkap Aghi.

"Jadi suasana horornya masuk seiring perjalanan cerita, jadi grafiknya dari bawah terus naik pelan-pelan, enggak yang naik-turun gitu," sambungnya.

Aghi pun menambahkan bahwa keterlibatannya sebagai pemain dalam film ini juga membuatnya lebih mudah untuk melakukan scoring musik yang pas untuk film yang dibintangi oleh Shandy Aulia, Artika Sari Devi, Alex Abbad, dan Basmalah Gralind ini.

"Karena kebetulan saya juga jadi pemain, jadi gampang membaca suasana dan gambaran yang pas untuk musiknya, beda dengan biasanya saya hanya terima film jadi, saya review, baru saya masukkin musiknya. Kalau ini enggak gitu," ungkap Aghi.

Rencananya, film yang mengisahkan sebuah kisah keluarga yang diteror di sebuah pulau ini sendiri akan tayang pada 10 Januari 2019.

Baca juga: Artika Sari Devi Belajar Akting Bela Diri untuk Film Horor Pertamanya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com