Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Bas Grassrock, Zondy Kaunang Rilis Album Solo Instrumental

Kompas.com - 25/12/2018, 11:10 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain bas Grassrock, Zondy Kaunang, merilis album solo instrumental perdananya yang berjudul Cosmic.

Zondy mengatakan bahwa album ini memiliki nuansa musik yang berbeda dari kebanyakan musik instrumental bas lainnya.

"Nuansa musik yang sedikit berbeda dari kebanyakan musik instrumental bas. Ide awal album ini adalah intinya ingin mengabadikan karya musik sendiri, dan ingin bereksperimen dengan permainan bas saya, dengan sound-sound bas yang unik dan tidak lazim," ujar Zondy melalui keterangan tertulisnya, Selasa (24/12/2018).

Zondy berujar, Cosmic sesuai dengan tema musik dalam album ini, yakni bernuansa futuristik atau space. Ia mengaku amat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan luar angkasa, sehingga Cosmic memiliki sesuatu yang berhubungan dengan alam semesta.

Baca juga: Yang Baru dari Grassrock

Untuk suara musik yang disajikan dalam instrumental ini, Zondy menggunakan suara spacey dan futuristik yang dihasilkan dari bas maupun synth dalam album instrumental ini.

Salah lagunya yang berjudul "Supersonic", kata Zondy, menggunakan sound hybrid yang menyerupai suara gitar dan keyboard, sehingga menciptakan nuansa yang unik.

"Saya suka bereksperimen dengan sound-sound effect bas yang unik. Hampir di setiap lagu saya memberikan efek-efek unik pada bas seperti delay, synth, modulation dan lain-lain," ujarnya.

Dalam proses penggarapan album solo instrumental ini, Zondy merampungkannya selama satu tahun. Proses lama yang dikerjakan oleh keponakan pemain bas rock legendaris Arthur Kaunang karena kesibukannya pekerjaannya. Lagipula Grassrock juga sedang mempersiapkan album baru pada tahun ini.

"Proses rekamannya dikerjakan di sela-sela kesibukan saya manggung, lama proses pengerjaannya bervariasi dengan waktu yang melompat-lompat alias prosesnya mencicil antar lagu. Untuk proses mixing-nya saya kerjakan sendiri. Sementara untuk mastering dilakukan oleh orang lain," ujarnya.

Baca juga: 32 Tahun Grassrock Menembus Zaman

Selain itu, Zondy juga mengajak pemain bas Franky Sadikin untuk ikut berkolaborasi dalam lagu "Planet Groove". Kala itu, Franky sempat mendengarkan demo lagu yang diberikan Zondy. Franky pun tertarik untuk ikut dalam album ini.

"Mengapa (Frankly Sadikin) dipilih karena saya memang mengenal beliau, dan beliau dengan senang hati ikut menyumbangkan permainan bassnya setelah mendengarkan demo lagu saya," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com