Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Bioskop, Film tentang Duo Komedian Stan dan Ollie Pasca Era Keemasan

Kompas.com - 31/12/2018, 22:09 WIB
Ati Kamil

Editor

KOMPAS.com -- Stan Laurel dan Oliver Hardy merupakan duo komedian terbesar di dunia pada era 1920an-1950an.

Perjalanan karier Stan dan Ollie, setelah era keemasan mereka di Hollywood mulai pudar, diangkat kembali ke layar lebar pada 2018 dalam film berjudul Stan & Ollie.

Ketika ketenaran Stan dan Ollie mulai meredup di Hollywood, duo komedian ini memutuskan untuk melakukan tur pementasan ke Inggris pada 1953.

Meski pertunjukan mereka di sana sempat populer, mereka tidak bisa mengembalikan kejayaan sebelumnya.

Baca juga: Bukan di Tujuh Samudera Saja, Aquaman Juga Berkuasa di Box Office

Dua aktor sekaligus tokoh film Steve Coogan dan John C Reilly membintangi film ini. Coogan berperan sebagai Stan dan Reilly menjadi Stan.

Reilly mengatakan bahwa ia berupaya keras menampilkan pertunjukan komedi tokoh yang dimainkannya, tetapi menegaskan bahwa itu bukan fokus film Stan & Ollie.

"Tentu kami tidak berupaya membuat kembali karya mereka. Kami memberi sedikit gambaran mengenai hal itu dalam film, tetapi umumnya kami berusaha membuat cerita baru, yang belum pernah ditonton seperti di balik layar," ucap Reilly.

"Seperti apa mereka, dampak buruknya secara pribadi, perasaan di antara mereka, yang bertentangan dengan rutinitas yang selama ini diketahui," lanjutnya.

Baca juga: Despicable Me 3 Duduk Nyaman di Puncak Box Office AS

Coogan menambahkan bahwa, agar meyakinkan, ia harus banyak melakukan hal-hal fisik seperti yang dilakukan Stan dan Ollie di panggung, TV, dan film.

Film Stan & Ollie juga menceritakan perselisihan dan kecemburuan emosional ketika persahabatan pribadi bercampur aduk dengan pekerjaan.

Meski kerja sama John C Reilly dengan Steve Coogan dalam kehidupan nyata tidak persis sama sebagaimana tokoh-tokoh yang mereka perani, tetapi kedua aktor ini mengaku sudah sering bekerja sama dengan orang-orang lain dalam industri film.

Baca juga: Film Avengers: Infinity War Pecahkan Rekor Box Office di AS

Kunci dari keberhasilan kerja sama, menurut Reilly, adalah harus bisa beradaptasi dengan rekan kerja, harus tegas, tetapi ada kalanya harus mengalah.

Reilly juga mengatakan bahwa tidak terlampau banyak meluangkan waktu di luar lingkup kerja juga penting untuk mempertahankan profesionalisme.

"Tepat sekali. Harus profesional jika kita ingin melakukan pekerjaan dengan benar. Seperti halnya pertemanan, atau mengutamakan kesenangan, bisa mengganggu konsentrasi," timpal Coogan.

"Ada orang yang mungkin senang selama membuat film, tetapi film yang dihasilkan mungkin tidak terlalu baik. Jadi, kita harus memastikan kesenangan dan persahabatan berada di prioritas kedua. Yang utama adalah melakukan pekerjaan dengan baik," tekan Coogan.

Film Stan & Ollie di Amerika diputar mulai 28 Desember 2018, sedangkan di Eropa, termasuk Inggris, film ini akan diputar mulai awal 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com