Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemunculan Didi Petet dalam Film Preman Pensiun Obati Rindu Epy Kusnandar

Kompas.com - 15/01/2019, 20:45 WIB
Irfan Maullana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Epy Kusnandar sempat terkejut saat mengetahui ada mendiang Didi Petet dalam film Preman Pensiun.

Di awal cerita film yang disutradarai Aris Nugraha itu, sosok mendiang Didi Petet muncul memberikan pesan kepada para preman anak buahnya untuk meninggalkan bisnis yang kurang baik itu.

Kemunculan mendiang Didi Petet melalui cuplikan adegan yang telah dilakukan saat masih menjalani shooting versi serial televisinya itu membuat kerinduan Epy terhadap sosok Didi Petet sedikit terobati.

"Memang ada Kang Bahar (Didi Petet) di awal cerita film Preman Pensiun. Mungkin supaya yang tidak mengikuti serial televisinya jadi tahu secara singkat, kenapa beberapa orang memutuskan untuk pensiun jadi preman. Saya jadi kangen sama Mas Didi," ujar Epy dalam siaran pers film Preman Pensiun, Selasa (15/1/2019).

Epy mengaku memiliki cerita emosional bersama Didi Petet, figur yang sudah dianggapnya sebagai guru di dunia akting. Sebelum terjun ke dunia akting, Epy sudah mengidolakan Didi Petet.

Baca juga: Main Preman Pensiun Lagi, Epy Kusnandar Kunjungi Makam Didi Petet

Ia kemudian memberanikan diri mencari keberadaan Didi Petet di Bandung. Sampai akhirnya ia berhasil menemui aktor senior itu di Jakarta. Demi bisa menimba ilmu dari Didi Petet, Epy memutuskan untuk berkuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Di kampus itu, Didi menjadi salah satu pengajarnya.

"Bahkan saya sampai pernah diajak untuk main sinetron bareng dengan Mas Didi," ujar Epy.

Namun, menurut Epy, ada kesalahannya yang membuat Didi Petet kecewa terhadap dirinya. Hubungannya pun dengan mendiang Didi Petet tak harmonis.

"Itu berjalan bertahun-tahun, meski sebenarnya Mas Didi sudah memaafkan. Nah, saya kemudian dipertemukan kembali dengan Mas Didi melalui serial televisi Preman Pensiun," urai Epy.

Bertemu kembali dengan sang guru, tentu membuat Epy senang. Namun tak berapa lama kemudian, Didi Petet pun meninggal dunia.

"Waktu lihat film Preman Pensiun ada adegan Mas Didi sebagai Kang Bahar, jadi ingat lagi sama Mas Didi. Saya rasa pemain yang lain pun sama," ujar Epy.

Akting Epy Kusnandar bersama para pemain film Preman Pensiun lainnya bisa disaksikan di bioskop Tanah Air, mulai 17 Januari 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com