Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Laura Senang Perempuan di Indonesia Mulai Sadar Kesehatan

Kompas.com - 13/03/2019, 19:04 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Cinta Laura merasa senang melihat perempuan di Indonesia mulai sadar dan peduli terhadap kesehatannya.

Kesadaran itu ditunjukan dengan banyaknya kampanye dan gerakan akan bahaya penyakit kanker serviks yang menyerang perempuan dari segala usia.

"Aku senang di Indonesia ada perkembangan sadar akan kesehatan," ujar Cinta saat dijumpai di Atrium Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, hal itu berbanding terbalik dengan stigma orang dulu. Ia berujar bahwa melakukan pemeriksaan terhadap organ sensitif kewanitaan dulu dianggap hal tabu.

Baca juga: Cinta Laura Alami Pegal-pegal Usai Disuntik Vaksin HPV

"Kalau dulu kan tabu. Menurut aku usia 18 harus cek mau yang nikah atau enggak nikah. Sebagai perempuan kita punya hak untuk sehat. Masa remaja kita harus produktif, enggak hanya cowok aja," kata dia.

Hari ini, Cinta menjalani suntik vaksi HPV sebagai pencegahan primer dari bahaya kanker serviks yang menyerang banyak perempuan. Selama mengikuti vaksin ini, Cinta harus menjalani berbagai tahap vaksi dalam durasi bulanan.

"Jadi jangan takut divaksin HPV karena ini penting. Selain ada hubungan sama masa depan, ini juga keluarga kan, kasihan anak-anak dan suami. Jangan karena kanker serviks kalian enggak ada lagi. Jadi, kenapa tidak sekarang (vaksin HPV)?" ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com