Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rina Nose dan Tunangan Kadang Mengobrol Pakai Kamus

Kompas.com - 18/03/2019, 11:56 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Nurina Permata Putri atau Rina Nose (35) mengaku komunikasinya dengan kekasihnya, Josscy Vallazza Aartsen, terkendala perbedaan bahasa.

Rina mengatakan hal itu lantaran pria yang sudah menjadi tunangannya itu merupakan warga negara Belanda dan belum fasih berbahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya.

"Kalau secara bahasa agak kesulitan. Jadi bahasa Inggris aku tuh sama kayak bahasa Indonesianya dia, sama-sama masih belum lancar," ucap Rina saat ditemui usai tampil di salah satu acara stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Tak jarang, kata Rina, ia dan kekasih menggunakan bantuan kamus untuk menerjemahkan kosakata bahasa yang mereka ingin sampaikan saat berkomunikasi.

"Komunikasinya bahasa campur, kayak aku mau ngomong bahasa Inggris, tapi susah. Jadi sebagian pakai bahasa Indonesia, kalau dia enggak mengerti dia cari di google," ujarnya.

Baca juga: Rina Nose Berencana Menikah dengan Tunangannya di Belanda

Kendati demikian, wanita berusia 35 tahun ini mengaku bahwa sikap saling mengerti menjadi kunci yang membuat kendala komunikasi tersebut bisa mereka lalui dengan baik.

"Tapi karena kuncinya mau saling mendengar, sabar, jadi masih bisa terjalin dengan baik komunikasinya," kata Rina.

Ketika ditanya kapan rencana menikah, Rina yang telah bertunangan pada Januari 2019 lalu ini belum mau mengungkap banyak. Ia ingin hubungan mereka dijalani dengan apa adanya dan tak terburu-buru.

"Sudah ada (rencana menikah). Doakan saja. Soalnya kan waktu itu pernah bilang mau nikah, tapi malah enggak jadi. Tahu kabarnya (pernikahannya) kalau mau dekat, nanti dikabari," ujar Rina.

Baca juga: Jalani LDR, Rina Nose dan Tunangannya Baru Sekali Bertemu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com