Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Orang-orang Biasa", Novel Tercepat yang Pernah Dirampungkan Andrea Hirata

Kompas.com - 29/03/2019, 16:42 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Andrea Hirata merampungkan novel terbarunya yang berjudul "Orang-orang Biasa" hanya dalam waktu sembilan hari.

"Saya menulisnya sembilan hari. Idenya kan lama, tapi menulis lagi sembilan hari," kata Andrea dalam jumpa pers peluncuran novel "Orang-orang Biasa" di Diskusi Kopi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Andrea menambahkan, kecepatan merampungkan pembuatan novel itu adalah gaya dalam menulis.

Baca juga: Andrea Hirata Kisahkan Kaum Marjinal lewat Orang-orang Biasa

"Tapi sekali lagi saya bilang, itu bukan karena saya pintar menulis. Memang gaya menulis saya begitu. Bukan hebat, karena saya tidak pernah membaca apa yang saya sudah tulis. Makannya saya harus punya editor," ungkap Andrea.

Ia mengklaim bahwa novel "Orang-orang Biasa" ini adalah novel tercepat yang pernah ia selesaikan.

"Boleh jadi (tercepat). Saya nulis pagi terus shalat subuh sebentar, ngopi, jam 9 capek berhenti sebentar. Sore menulis lagi. Tapi saya sekali duduk nulis dua jam maksimal," ujar Andrea.

Novel "Orang-orang Biasa" adalah novel ke-10 Andrea Hirata yang mengisahkan tentang tokoh Aini, seorang anak miskin yang lolos ujian masuk fakultas kedokteran ternama namun terhalang biaya masuk yang selangit. Novel ini sudah bisa didapatkan di toko buku dan toko buku online mulai 26 Maret 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com