Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sebut Film Indonesia Sudah Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Kompas.com - 30/03/2019, 20:01 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Sabtu (30/3/2019), adalah momentum tahunan bagi Indonesia untuk memperingati Hari Film Nasional. Tak hanya para sineas atau insan film Tanah Air, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga ikut menyampaikan pendapatnya tentang perfilman Indonesia saat ini.

Melalui akun Twitter resminya, @jokowi, mantan gubernur DKI Jakarta itu menilai bahwa film Indonesia telah mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Film-film nasional beberapa tahun ini praktis sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Rekor demi rekor jumlah penonton film Indonesia juga tercipta," tulis Jokowi, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu malam.

Baca juga: Cinta Laura Sebut Industri Film Indonesia Berkembang Pesat

Salah satu contoh pencapaian film Indonesia adalah Dilan 1991. Layar lebar yang dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai film Indonesia pertama yang meraih penonton terbanyak pada penayangan perdana.

Dilan 1991 berhasil meraup 800.000 penonton saat tayang pada 28 Februari 2019, mematahkan rekor film Avengers: Infinity War di bioskop Indonesia. Infinity War mendapatkan pendapatan Rp 22 miliar dalam lima hari tayang di Indonesia, sedangkan Dilan 1991 dalam tiga hari bisa meraih Rp 23 sampai Rp 24 miliar.

"Semua berkat kreativitas dan kualitas film nasional yang semakin baik, dan suasana kondusif bagi dunia perfilman tanah air," tulis Jokowi lagi.

Baca juga: Sambut Hari Film Nasional 2019, Enam Film Indonesia Dipertontonkan Ulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com