Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inti Sari Film Rumah Merah Putih Berasal dari Kisah Nyata

Kompas.com - 20/06/2019, 18:18 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Rumah Merah Putih yang mengangkat kehidupan di wilayah perbatasan ternyata memiliki inti sari cerita yang berasal dari kisah nyata.

Menurut salah satu produser film itu, Nia Zulkarnaen, kisah nyata yang dimaksud terjadi persis di wilayah NTT, yang menjadi lokasi shooting film Rumah Merah Putih.

"Jadi awalnya karena ada berita dari teman, di sana (NTT) ada yang telepon pagi-pagi karena katanya ada peristiwa saat perayaan 17 Agustus, ada kejadian yang menghebohkan yang bikin haru, yang bisa bikin kita meneteskan air mata," kata Nia saat berkunjung ke Kompas.com, Selasa (18/6/2019).

Menurut Nia, kejadian tersebut juga digambarkan dengan jelas di dalam film Rumah Merah Putih yang ia produseri bersama Ari Sihasale.

Baca juga: Ari Sihasale Sempat Bidik Kalimantan untuk Bikin Film Rumah Merah Putih

"Jadi ada anak panjat tiang bendera karena putus tali bendera, dia bilang anak itu spontan panjat untuk kibarkan bendera Merah Putih," ucapnya.

Nia menambahkan bahwa kejadian yang tersebut sama dengan apa yang ada di skenario film yang sudah ia buat sebelumnya.

Lantaran banyak kesamaan itu pula, Nia langsung mencari waktu untuk segera memulai produksi.

"Dan kebetulan sama dengan yang ada di skenario yang kita bikin awalnya, 'Kok bisa sama dengan skenario yang kita sudah simpan empat tahun ini," ucap Nia.

"Jadi kita merasa itu adalah tanda untuk segera memulai lagi, dan dari situ kita langsung mengecek tanggal untuk produksi segala macam," sambungnya.

Film Rumah Merah Putih berkisah tentang Farel Amaral dan Oscar Lopez yang tinggal di perbatasan NTT - Timor Leste. Meskipun hidup dengan kesederhanaan, rasa cinta mereka terhadap Tanah Air sangatlah dalam.

Film ini dimainkan oleh Pevita Pearce, Yama Carlos, Shafira Umm, Abdurrahman Arif, dan Dicky Tatipikalawan. Lalu ada pula putra asli daerah yang bermain dalam film ini, yakni Amori De Purivicacao dan Petrick Rumlaklak.

Film ini ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 20 Juni 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com