Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sudi, Kang Daniel Tolak Tawaran LM Entertainment pada KONNECT

Kompas.com - 26/06/2019, 13:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Agensi lama Kang Daniel (mantan member Wanna One), LM Entertainment, menyatakan keinginan mereka untuk mengajak agensi baru penyanyi itu, KONNECT Entertainment, bekerja sama.

Niat tersebut mereka utarakan dalam sidang permohonan banding yang LM Entertainment ajukan terhadap putusan Pengadilan Negeri Seoul yang sebelumnya mengabulkan gugatan Kang Daniel.

Pada 19 Maret 2019, Kang Daniel mengajukan permintaan untuk menangguhkan kontrak eksklusifnya dengan LM Entertainment karena merasa agensi tersebut telah menjual hak kontrak eksklusifnya kepada pihak ketiga, MMO Entertainment.

"Bahkan jika kami memenangkan banding ini, agensi kami telah mengalami kerugian parah secara moneter dan dalam hal kepercayaan. Sementara Kang Daniel sudah mulai melakukan kegiatan secara mandiri," ucap tim kuasa hukum LM Entertainment, Rabu (26/6/2019).

"Karena itu, jika permohonan (banding) kami diterima, kami akan bekerja sama dengan label baru Kang Daniel, KONNECT Entertainment," tambah mereka.

Perwakilan hukum LM Entertainment juga menyatakan pembelaan mereka. Menurut LM, meskipun ada bahasa dalam kontrak yang tampak sebagai pengalihan hak, keseluruhan isi kontrak sebenarnya lebih ke arah investasi.

Mereka juga bilang bahwa mungkin benar ada klausa dalam Bagian 3 yang membuat seolah-olah mereka mengalihkan hak Kang Daniel ke MMO Entertainment, namun Klausa 5 dari Bagian 3 menyatakan bahwa MMO Entertainment diharuskan untuk berdiskusi dengan LM Entertainment sebelum ada tindakan yang berkaitan dengan hak pelaksanaan.

Baca juga: Ada Nama EXO dan BTS di Balik Album Debut Solo Kang Daniel

Selain itu, sebelum ada tindakan semacam itu, MMO Entertainment diharuskan untuk menerima persetujuan LM terlebih dahulu, sehingga hak-hak aktual masih ada pada mereka. Karena itu, kontrak tersebut LM nilai tidak dapat dilihat sebagai pengalihan hak-haknya.

"Sisi Kang Daniel mengklaim ke pengadilan dan pers bahwa LM Entertainment telah menjual hak artis kami ke agensi besar. Jika permintaannya diterima, tidak mungkin bagi kami untuk memulihkan kepercayaan yang hilang yang telah kami bangun selama bertahun-tahun di industri hiburan," ujar tim kuasa hukum LM.

Namun, perwakilan Kang Daniel menolak tawaran LM Entertainment untuk bekerja sama.

"Kang Daniel sudah mengejar kegiatan independen. Kepercayaan pada hubungan telah hancur, itulah sebabnya label independen dibentuk, jadi kami tidak memiliki rencana untuk mempertahankan kontrak dengan agensi itu. LM Entertainment mengklaim bahwa mereka bersedia memberikan dukungan, tetapi itu hanyalah pendapat mereka,” ujar perwakilan itu.

Mengenai sikap LM Entertainment mengenai kontrak perusahaan patungan dengan MMO Entertainment, pihak Kang Daniel juga memberi tanggapan.

"Apa yang mereka nyatakan hanyalah penjelasan lain dari masalah mendasar yang sama (bahwa hak-hak Kang Daniel dialihkan ke pihak ketiga) dan walaupun disebut hanya sebagian hak Kang Daniel yang dialihkan, itu masih merupakan pelanggaran kontrak eksklusif. Apa yang kita bicarakan di sini adalah bahwa sebagian besar haknya dijual," ucap perwakilan Kang Danie.

Mereka jua menegaskan dalam hal ini bukan saja LM Entertainment yang dirugikan, Kang Daniel juga mengalami hal demikian.

"Bukan hanya satu sisi yang menimbulkan kerusakan dalam perselisihan ini," ujar mereka.

Baca juga: Jelang Debut Solo, Kang Daniel Pajang 2 Foto dengan Tulisan Misterius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com